caption trialgame

Si Kecil Tapi Vital : Ring Baut Oli

Monday, 3 June 2024

Si Kecil Tapi Vital : Ring Baut Oli


Mengganti oli mesin motor trail memang sudah menjadi rutinitas saat melakukan pewaratan. Mengganti oli bak memberikan darah baru pada sebuah kendaraan. Namun ada hal lain yang kerap dilewatkan untuk melakukan penggantian yakni ring baut oli. Kelihatannya memang agak “receh”, tapi fungsi ring yang satu ini cukup krusial.

Ring baut pembuangan oli, berfungsi sebagai penyekat antara baut dengan dinding lubang pembuangan agar tidak terjadi kebocoran. Dapat dibayangkan jika oli mesin bocor, mesin akan kurang pelumasan yang bisa berdampak fatal. Selain itu, ring baut oli juga mencegah kerusakan pada crankcase, terutama saat sedang mengencangkan baut oli. Bila terlalu kencang, crankcase bisa retak tanpa adanya ring baut oli.

Ring baut pembuangan oli biasanya terbuat dari material tembaga atau alloy yang lunak. Bahan tembaga yang lunak, mampu menyekat dengan rapat antara baut dengan dinding lubang pembuangan. Karena bersifat lunak, ring baut pembuangan oli bersifat sekali pakai. Ring baut pembuangan oli akan jadi tipis ketika dipakai, dan tidak maksimal lagi dalam menahan kebocoran jika dipakai ulang. Untuk itu, kita perlu ganti baru ketika ganti oli.

Sebagai tindakan pencegahan, ring baut oli sebaiknya diganti setiap melakukan pergantian oli mesin kendaraan. Hal ini menghindari kondisi ring baut oli yang sudah rusak atau gepeng dan tidak berfungsi dengan baik.

Ada beberapa pilihan jenis ring baut oli yang beredar di pasaran. Pertama berbahan besi biasa, aluminium dan tembaga atau kuningan. Ring berbahan besi jelas lebih keras dari lainnya. Dari segi harga, ring baut oli dibanderol dengan harga yang cukup murah. Sehingga, sungguh sayang bila melewati komponen ini untuk diganti karena harga terjangkau dan mudah didapatkan. Bila berujung pada kerusakan mesin yang berpotensi menguras kantong.

Harga dari ring baut pembuangan oli juga tidak seberapa, hanya belasan ribu Rupiah. Jadi jangan sepelekan part kecil yang juga tidak mahal harganya. Tidak disarankan mengganti ring baut pembuangan oli dengan ring lain berbahan besi biasa. Karena ring berbahan besi lebih keras, sehingga tidak bisa menyekat dengan maksimal.

 

 

comments

`