caption trialgame

Siap Hadapi Lintasan Offroad Penuh Lumpur?

Wednesday, 11 November 2020

 


Musim hujan sudah mulai kembali melanda sebagian wilayah Indonesia, artinya lintasan offroad yang biasa Anda lalui kemungkinan besar berubah dari lintasan berdebu dan berpasir, menjadi lintasan basah yang penuh dengan lumpur.

Sebenarnya lumpur adalah kumpulan tanah, debu, dan air. Tapi biasanya ada dua jenis lumpur yang bisa anda temukan yaitu lumpur cair dan lumpur gumpalan. Lumpur cair biasanya terjadi saat hujan deras. Melalui lintasan yang memiliki lumpur seperti ini layaknya mandi di shower dengan air lumpur.

Sementara tipe lumpur gumpalan akan menempel pada tubuh dan motor ada, dan membuat mesin lebih cepat panas serta beban motor menjadi lebih berat. Jenis lumpur seperti ini biasanya terjadi saat lintasan diguyur hujan satu hari sebelumnya.

Yang jelas, keduanya akan membuat Anda kesulitan mengendalikan motor trail dan jika tidak memiliki teknik pengendalian yang tepat, akan membuat pengalaman menunggangi motor trail Anda menjadi hal yang tidak menyenangkan.

Lumpur yang tebal dan lengket bisa membuat motor trail kehilangan traksi serta grip yang kemudian berakibat tergelincirnya motor trail. Hal ini biasanya terjadi karena kecepatan motor trail melebihi daya cengkram. Terkadang posisi tubuh yang salah serta penggunaan rem yang berlebihan ikut memberikan andil tergelincirnya Anda ketika melahap lintasan berlumpur.

Lantas bagaimana sih persiapan menghadapi lintasan berlumpur? Jika lintasan berlumpur yang dihadapi penuh dengan lumpur gumpalan, maka sebaiknya Anda menyiapkan motor trail Anda. Lumasi bagian seperti spakbor depan, gir, rantai, bahkan kabel rem dan kopling dengan cairan pelumas atau gemuk. Hal ini dimaksudkan agar lumpur tidak menempel pada bagian2 tersebut. Jika lumpur menempel, sudah pasti beban dan kinerja trail tidak akan maksimal. Lumpur memang masih tetap akan menempel pada bagian motor Anda, namun tidak sebanyak jika tidak mengoleskan pelumas pada bagian-bagian tadi.

Pastikan juga kondisi kopling motor trail Anda dalam keadaan prima, karena lumpur yang dalam akan menuntut kestabilan kopling. Anda akan sering menggunakan kopling untuk menambah tenaga motor trail Anda atau saat motor terjebak dalam kubangan lumpur yang tebal dan dalam.  Jika sudah melakukan beragam persiapan tadi, rasanya tidak ada yang perlu di takutkan dari lintasan berlumpur bukan?

 

comments

`