caption trialgame

Siap Mudik Aman Dengan Motor Trail

Tuesday, 26 March 2024

Siap Mudik Aman Dengan Motor Trail


Lebaran adalah saat-saat yang paling ditunggu. Dan tidak terasa dalam waktu kurang dari dua minggh para bakal rela berbondong-bondong pulang kampung untuk bertemu sanak saudara. Mudik mengunjungi kampung halaman dilakukan dengan banyak cara, mulai dari menggunakan transportasi umum, kendaraan pribadi, seperti mobil atau bahkan motor. Nah untuk Anda yang berencana membawa motor trail untuk melakukan perjalanan mudik, ada beberapa persiapan yang harus anda lakukan agar perjalanan mudik Anda lebih aman dan nyaman.

Yang pertama tentu adalah menyiapkan fisik yang prima. Melakukan perjalanan jauh dengan motor trail tentunya akan menguras banyak tenaga, apalagi dalam kondisi berpuasa.  Memang benar, Anda bisa beristirahat kapanpun saat lelah berkendara. Namun, memastikan badan dalam kondisi prima adalah hal mutlak yang harus dilakukan untuk perjalanan mudik..Beristirahatlah dengan cukup atau selama 8 jam sebelum melakukan mudik. Hal ini bertujuan untuk memberikan energi yang cukup pada tubuh sebelum perjalanan jauh. Saat bersantap sahur jangan lupa untuk mengkonsumsi suplemen atau vitamin untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh.

Hal berikutnya adalah menyiapkan motor trail Anda. Pastinya idak mau kan motor yang dikendarai bermasalah saat melakukan perjalanan. Oleh karena itu, pastikan kondisi kendaraanmu tetap prima demi menghindari kerusakan yang tidak diinginkan  Lakukan pengecekan tekanan angin pada ban, rem, semua kelistrikan motor terkait lampu utama sein dan klakson. Jangan lupa juga untuk mengganti oli serta lakukan servis ke bengkel resmi sebelum berangkat. Kami akan membahas mengenai persiapan motor lebih detail pada artikel berikutnya ya.

Menentukan rute bisa jadi persiapan yang membutuhkan banyak pertimbangan. Dalam hal ini, kamu bisa memanfaatkan GPS untuk memilih jalur mudik yang akan dilewati. GPS biasanya akan memberikan usulan rute tercepat untuk tiba di tempat tujuan. Dan hindari membawa muatan berlebihan Barang yang dibawa saat pulang ke kampung halaman memang tidak sedikit. Namun,hal ini tentu saja harus dihindari mengingat kapasitas motor yang sangat terbatas. Muatan berlebih sudah pasti akan menambah beban pada kendaraan yang akan berdampak buruk pada performa sepeda motormu. Selain itu, muatan berlebih juga akan membuat perjalanan menjadi tidak nyaman.

Mengutamakan keselamatan saat berkendara adalah hal terpenting yang harus dilakukan, terlebih saat kamu akan melakukan perjalanan jauh. Selain kondisi kendaraan yang prima, memakai pakaian yang tepat juga perlu dilakukan. Pilihlah baju atau kaos dan celana panjang yang nyaman. Jangan lupa untuk memakai jaket kulit yang akan melindungimu dari paparan sinar matahari atau cuaca dingin saat malam hari. Jaket light reflector juga bisa jadi pilihan yang tepat untuk memudahkan pengendara lain melihatmu. Kenakan sepatu riding atau sepatu dengan upper tinggi, sarung tangan, masker, kacamata, dan helm berstandar.

Nah, dengan melakukan persiapan yang tepat maka perjalanan mudik pun jadi lebih nyaman. Selain itu, persiapan matang juga akan membantu meminimalkan risiko kecelakaan. Berkendaralah dengan aman karena keluarga besar sudah menunggu kehadiranmu di kampung halaman tercinta.

comments

`