caption trialgame

Siapkah DR150 Bersaing di Pasar Motor Trail Indonesia?

Sunday, 24 March 2019

Beberapa hari belakangan ini, para pengamat otomotif khususnya para penggila roda dua, dihebohkan dengan beberapa foto bocoran motor trail terbaru keluaran Suzuki yang tengah diujicoba di jalanan ibu kota. Motor yang berkode Suzuki DR150 ini diyakini sedang menjalani beberapa proses evaluasi sebelum akhirnya dirilis pada kuartal terakhir 2019 ini.

Nah sebagian besar penggemar dirt bikeberharap Suzuki mengeluarkan penantang Kawasaki KLX150 dan Honda CRF150L juga dengan aura dirt bike yang kuat. Desain ala DR yang memang kuat kesan dirt bike-nya atau malah sekalian ala RM yang gantengnya nggak ketulungan, ditambah dengan styling warna kolaborasi kuning-hitam atau kuning-putih khas dirt bike Suzuki, sudah pasti akan membuat persaiangan di kelas ini semakin seru.

Tapi sayangnya fakta berkata lain. Di segmen motor trail dual purpose 150 cc, Suzuki justru mengambil langkah yang berbeda dibandingkan dengan Kawasaki dan Honda. Kalau KLX150 dan CRF150L merupakan motor dual purpose dengan aura dirt bike yang kental, DR150 yang menjadi calon motor dual purpose Suzuki justru jauh dari kesan tersebut. DR150 justru condong sebagai street bike dengan sedikit aksen dirt bike. Apakah strategi Suzuki melawan arus ini akan sukses?

Selama bertahun-tahun konsumen di Indonesia telah lama dicekoki oleh motor dual purpose beraura dirt bike oleh Kawasaki melalui KLX150. Honda kemudian ikutan nyemplung dengan motor bergaya sama lewat CRF150L. Keduanya bisa dibilang sukses di pasaran. KLX150 tetap menjadi backbone penjualan Kawasaki di Indonesia dan CRF150L pun laris-manis di pasaran. Selain dipakai sebagai motor dual purpose, KLX150 dan CRF150L juga banyak dimodifikasi untuk keperluan off-road dan supermoto. Desain KLX150 dan CRF150L memang sangat memungkinkan untuk dipakai sebagai motor off-road tulen dan supermoto.

Sementara itu DR150, rasanya berada di dunia yang berbeda dengan KLX150 dan CRF150L. Seperti yang sudah dibilang tadi, desainnya cenderung mirip dengan street bike, kemudian diberi front fender tinggi dan knalpot menjulang tinggi layaknya dirt bike serta velg jari-jari ring 17-19 inch untuk memberikan kesan motor bisa melibas berbagai macam medan. Yang menarik untuk ditunggu apakaha DR150 bisa sefleksibel KLX150 dan CRF150L dalam hal modifikiasi. Rasanya jawaban atas pertanyaan ini akan bisa segera terjawab sesaat setelah DR150 diluncurkan pada akhir 2019 ini. jadi stay tuned untuk ulasannya ya.

comments

`