TRIAL GAME TRIAL GAME TRIAL GAME TRIAL GAME TRIAL GAME TRIAL GAME TRIAL GAME TRIAL GAME

0

Loading ...

Siapkan Cakram Rem Hadapi Musim Hujan

Tips & Tricks 20.11.2019

Cakram rem depan adalah perangkat vital bagi Anda pengendara motor trail yang gemar bermain di lintasan offroad dengan tingkat kesulitan menengah ke atas. Biasanya rem depan digunakan saat untuk menghitung atau mengkalkulasikan langkah selanjutnya ketika menghadapi handicap seperti bebatuan besar, tanjakan curam atau kayu-kayu gelondongan.

Nah oleh karena itu pengecekan berkala pada cakram rem Anda amat penting dilakukan, terlebih lagi saat musim hujan mulai menyapa sebagian besar wilayah Indonesia. Kinerja sektor pengereman tidak bisa diabaikan begitu saja, jangan sampai blong saat rem difungsikan.

Nah memasuki musim penghujan, tidak ada salahnya lebih memperhatikan pengereman motor khususnya bagian depan. Kampas rem yang sudah tipis hingga mengenai piringan cakram, bisa bikin motor trail terus melaju saat rem depan ditarik. Oleh karena itu penggantian dengan perangkat baru adalah hal mutlak agar fungsinya tetap optimal.

Langkah pertama lepas kaliper dari tabung sokbreker, cek kondisi piston kaliper setelah kaliper terlepas. Bongkar kampas rem untuk mengetahui kondisi sebenarnya, habis rata atau ada bekas gesekan dengan disc brake-nya dengan menarik as batang pengunci dengan tang, setelah melepas kancing kawatnya.

Bersihkan dari debu dan kotoran bagian piston kaliper yang menempel dengan menggunakan sikat kawat halus agar piston tidak baret. Lanjut bersihkan seal karet untuk dudukan breket kaliper dan kawat seng. Pasti banyak kotoran yang nyempil, tiup pakai air kompresor.

Setelah membersihkan seluruh badan piston kaliper dari kotoran, ada cara mudah untuk memposisikan kembali piston kaliper masuk ke dalam lagi. Gunakan bantuan kunci ring ukuran 19mm untuk menekan piston kaliper hingga nyaris rata. Gunakan pelumas untuk melumasi batang breket kaliper atas dan bawah.

Berhubung piringan cakram sudah terkikis diluar dan dalam, ada cara mudah biar putaran roda tidak seret karena disc brake kegerus. Cukup digerinda pada bagian pinggir disc pad yang dibikin tirus dengan bor tuner, hal ini untuk menghindarkan gesekan bidang kampas rem dengan bekas gerusan piringan cakram. Otomatis putaran roda tidak akan seret kembali. Nah yuk, cek dulu cakram rem depan motor trail Anda.

Image credit : jdk.com.au

Berita terkait

News
Teknis Kendaraan 01.12.25

Effort Besar Bersihkan Lumpur Pasca..

Musim hujan emang paling asyik nih buat trabasan. Cuaca yang gloomy mendung bikin adem saat melintas medan offroad. Tanah basah,...

News
Teknis Kendaraan 01.12.25

Geliat Pasar Helm High Super..

Teknologi yang semakin maju, telah merambah ke perlengkapan berkendara motor. Gak percaya? nih buktinya, produsen helm terkenal asal Jepang, Shoei,...

News
Teknis Kendaraan 01.12.25

Lakukan Ini Jika Ingin Velg..

Meski hampir semua model motor kini menawarkan velg casting karena praktis tetapi motor trail tetap menggunakan velg jari-jari. Motor trail...