caption trialgame

Siapkan Motor Trail Untuk Ajang Lomba

Saturday, 21 March 2020

 

Trial Game Seri pertama baru saja rampung akhir pekan lalu (13-14 Maret 2020). Para peserta dan penonton amat antusias untuk menyaksikan salah satu kejuaraan motor trail paling bergengsi di tanah air. Seri kedua kejuaaraan ini akan berlangsung pada bulan Juni mendatang di Kebumen. Nah bagi Anda yang berminat untuk mengikuti kejuaraan ini, masih ada waktu lho untuk mempersiapkan diri dan tunggangan Anda sebelum turun di seri kedua.

Karakteristik sirkuit Trial Game biasanya berbeda dengan sirkuit lainnya, maka dari itu persiapan motor trail harus diperhatikan dengan seksama. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan jika ingin tampil sukses di ajang ini. Apa saja sih hal-hal itu? Simak ulasan kami ya.

Yang pertama adalah setelah gas dan kopling. Banyaknya handicap dan rintangan pada lintasan trial game membuat Anda harus mengatur gas dan kopling di gigi rendah. Setingan throttle gas atau tuas gas menjadi kebutuhan paling utama. Untuk mendapatkan tarikan motor yang responsif, Anda dapat mempertahankan jarak bebas tuas gas dengan jarak 2-6 mm.Setelah itu, perhatikan jarak main tuas kopling. Permasalahan yang biasa terjadi adalah kopling slip. Hal ini dapat dicegah dengan cara menjaga jarak main bebas kopling sebesar 10-20 mm. Selama berkendara, hindari penggunaan setengah kopling bersamaan putaran handle gas yang tinggi.

Lintasan Trial Game biasanya memerlukan performa mesin dengan putaran tinggi pada gigi rendah. Kerja mesin dipaksa maksimal terus menerus sehingga membuat cepat panas. Akibatnya, oli mesin lebih mudah menguap. Mesin motor trail keluaran terbaru semakin presisi, disarankan menggunakan oli mesin dengan tingkat keenceran yang cukup tinggi.

Turun dalam ajang lomba pasti membutuh hentakan saat akselerasi awal dan hal ini pasti berpengaruh pada rantai. Lama kelamaan, rantai motor akan kendur dan dapat mengenai secara langsung swing arm motor. Hal terparah, rantai bisa putus di tengah jalan. Lakukanlah pengecekan pada drive chain slider pada bagian depan dan belakang dari swing arm motor Anda serta lakukan pengencangan pada rantai roda. Jangan pernah mencuci rantai roda dengan minyak sembarangan, seperti bensin atau solar. Cukup lumasi dengan chain lube untuk menjaga keausan dari rantai roda.

Seperti sudah disebutkan, lintasan Trial Game memiliki banyak handicap sehingga motor trail pasti sering melompat, dengan begini, Anda harus sering mengecek pada steering stem atau komstir setang. Putar setang ke kanan maupun ke kiri untuk mencoba kelancaran gerakannya. Bila terasa kaku atau terlalu kendor saat manuver berbelok sebaiknya setting ulang di bengkel terpercaya. Bila memang tidak bisa lagi disetel, perlu pergantian bearing pada sterring stem.

Nah jika bagian-bagian di atas sudah dicek, kini saatnya melakukan persiapan lainnya yaitu persiapan fisik dan mental yang juga tidak kalah penting ya. Tapi sabar, kita akan membahasnya pada artikel lainnya ya.

 

 

comments

`