caption trialgame

Simak, Ini Kunci Stabil Di Atas Motor Trail!

Thursday, 25 March 2021

Simak Ini, Kunci Stabil Di Atas Motor Trail!

Motor trail sudah pasti berbeda dengan sepeda motor umum lainnya, motor jenis ini  memiliki ground clearance yang lebih tinggi. Kemudian penggunaan velg berukuran 21 inci di depan dan 18 inci di belakang kerap kali merepotkan, utamanya bagi yang belum pernah mengendarainya.

Biasanya rasa ragu dan takut jatuh akan menghampiri para pemula padahal hal ini bisa dihindari jika mengetahui tekniks dasarnya. Biasanya sering terjatuh atau takut mengendarai lantaran tak memahami trik awal menunggangi motor trail. Tapi jangan khawatir kami akan coba berikan sedikit tips, agar Anda yang baru mengendarai motor trail tidak terlalu sering terjatuh.

Sebelum menaiki motor trail pastikan persneling gigi motor di posisi 1, tujuannya agar motor tertahan dan tidak mundur atau maju saat Anda berusaha untuk menaikinya. Kemudian belokan setang ke kanan lalu pegang rem depan, posisi handle dekatkan ke badan kita. Setelah itu Anda bisa membawa jalan motor trail Anda.

Ketika ingin menghentikan motor trail, pastikan gir tetap pada gigi 1, tekan tuas kopling lalu matikan mesin lewat kunci kontak. Jangan di-netralin motornya saat ingin berhenti, gigi 1 saja kemudian matikan motor lalu turun dari sisi kiri. Ketika ingin jalan tinggal posisi on, tarik kopling dan jalan. Jika merasa postur badan sedikit kurang tinggi, cari batu, gundukan atau apa saja yang bisa dijadikan tumpuan kaki untuk berhenti. Maklum ground clearance motor trail lebih tinggi dari motor biasanya.

Oh iya ketika mengendarai motor trail, pastikan posisi riding Anda sudah benar ya.  Jika sudah mengetahui posisi berkendara yang benar, bisa dikatakan 50 persen sudah menguasai motor alias stabil. Pertama dari kaki, jangan standby di pedal rem dan shifter-nya, posisikan telapak depan di footstep. Kemudian posisi paha pastikan menjepit area sisi body atau tangki BBM.

Ketika paha membuka dan berkendara di jalan off-road pasti terguncang dan goyang, ini akan mengurangi kestabilan motor. Ketika kaki membuka potensi jatuh dari motor itu besar. Area bokong dan badan disarankan condong ke sisi jok depan dan bagian lengan membuka.Tangan ini harus membuka dan sedikit menekuk. Karena selain suspensi, velg, dan jari-jari. Ketika naik motor trail untuk terabas tangan juga jadi suspensi.

Perlu diketahui, mengendarai sepeda motor ada 3 teknik untuk berbelok. Khusus untuk motor trail teknik yang dipakai adalah lead out, yakni berbelok melawan arah motor. Motor off road akan susah dikendalikan jika pakai teknik belok motor on road (lead in). Ketika ingin menikung, posisi duduk agak maju, ini akan mempermudah untuk lead out.  Jadi sederhananya, ketika motor berbelok ke kanan, tubuh kita justru harus ke arah kiri dan sebaliknya jika berbelok ke kanan, posisi badan harus ke kiri. Bisa juga sesekali turunkan kaki melawan arah badan.

Nah tadi adalah hal-hal dasar yang bisa membuat pengalaman mengendarai motor trail Anda menjadi lebih aman, nyaman dan seru. Untuk teknis melahap tikungan dan turunan serta beragam handicap lain, akan kami bahas pada beragam artikel selanjutnya ya.