caption trialgame

Solusi Atasi Proses Pengembunan Goggles

Tuesday, 24 September 2019

Goggles adalah piranti wajib yang harus Anda gunakan ketika berpetualang. Biasanya para pengendara motor trail menggunakan helm cakil yang tidak memiliki visor, namun menggunakan goggles untuk melindungi mata baik itu dari debu atau kotoran lain yang bisa ditemui saat berpetualang.

Nah tapi yang sering dikeluhkan para pengguna goggles adalah embun yang sering terjadi di dalammnya. Hal ini disebabkan karena tingkat humidity yang tinggi pada bagian dalam goggles. Biasanya hal ini terjadi jika Anda berkendara pada pagi hari. Keringat dan udara dingin yang bertemu dengan suhu tubuh akan mengakibatkan terjadinya hal ini. Apalagi jika Anda bermotor trail di pagi hari. Udara pagi yang dingin akan bereaksi ketika tubuh Anda mulai mengeluarkan keringat akibat suhub tubuh yang naik.

Jadi lebih baik berkendara di siang hari gitu? Tidak juga sih, karena udara panas ternyata juga bisa menyebabkan terjadinya proses pengembunan juga, apalagi jika ternyata goggles yang Anda miliki tidak mempunyai ventilasi udara yang mumpuni.

Untuk mengatasinya sebenarnya cukup mudah yaitu dengan menggunakan cairan pencegah embun atau fog blocker spray. Anda tinggal menyemprotkan pada bagian dalam lensa goggles dan mengelap dengan kain kering, Anda siap kembali berpetualang.

Lalu bagaimana jika ternyata Anda tidak memiliki cairan tadi? Jangan khawatir, ada beragam cara alternatif kok jika dalam posisi terdesak. Pasta gigi, shampo dan air liur ternyata bisa mencegah terjadinya pengembunan pada lensa bagian goggles Anda. Caranya bagaimana? Ya sama dengan cairan pencegah embun, cukup dioleskan pada bagian dalam lensa. Namun yang membedakan adalah, jika setelah mengoleskan dengan zat alternatif tadi, Anda harus membilasnya dulu dengan air sebelum menggunakanya.

Jika Anda memiliki dana ekstra ada baiknya untuk membeli goggles yang memiliki teknologi dual pane vented pada lensanya, atau minimal goggles yang memiliki sistem ventilasi yang baik sehingga udara tetap mengalir dan mencegah terjadinya embun di bagian dalam lensa. Tapi goggles dengan teknologi ini biasanya tidak murah sih, namun jika memang diperlukan rasanya tak masalah saldo bank Anda sedikit berkurang. Nah jadi mana yang Anda pilih? Solusi murah meriah atau yang sedikit menguras kocek?

Image credit : motosport.com

comments

`