caption trialgame

Solusi Knalpot Motor Trail Bocor

Tuesday, 19 March 2019

     Sudah lumrah jika komponen motor trail Anda mengalami kerusakan. Jam terbang yang tinggi, serta ganasnya medan yang dilibas, membuat tunggangan kesayangan Anda harus sesekali mengganti komponennya agar tetap prima. Nah salah satu komponen yang suka mengalami kerusakan adalah sistem pembuangan.

     Sistem pembuangan atau yang lebih sering disebut dengan nama knalpot bertugas untuk meredam suara hasil ledakan di ruang bakar. Kerusakan atau kebocoran pada komponen ini akan mengakibatkan suara bising atau tenaga motor yang berkurang.

     Bocornya knalpot bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Pertama adalah karat. Bagian knalpot yang berkarat akibat dari kotoran bercampur air kotor yang melekat terlalu lama pada knalpot sehingga mengakibatkan korosi. Jika terlalu lama dibiarkan, bukan hanya bocor, kemungkinan knalpot akan berlubang.

     Faktor lainnya adalah adanya proses kondensasi. Kondisi luar dan dalam knalpot yang memiliki temperatur berbeda bisa memicu munculnya karat pada sistem pembuangan ini. Hal ini biasanya terjadi jika motor trail sering dibawa berpetualang ke daerah dengan kandungan garam yang tinggi, seperti pantai.Selain itu, air yang mengendap dalam sistem pembuangan juga bisa memicu karat. Biasanya air akan mengendap jika motor sering berjalan dalam kecepatan rendah atau sering melakukan idling (stationer). Nah lantas apa sih yang bisa dilakukan jika mengalami knalpot bocor? Simak ulasannya ya.

    Knalpot yang bocor sendiri bisa bikin kerja mesin tidak optimal, dan menjadi pemicu munculnya suara knalpot menembak.Bocor yang muncul di knalpot biasanya muncul dari bagian kepala knalpot yang menempel ke head silinder.Karena paking knalpot yang mulai aus, muncul renggang yang bikin gas buang jadi bocor.

     Solusi utama adalah tentu mengganti paking knalpot dengan yang baru. Cara ini paling benar dan paling ampuh. Bahkan untuk mencegah kebocoran yang berulang ada beberapa mekanik yang merekomendasikan untuk mendouble paking knalpot. Anda juga bisa mengganti paking knalpot standar dengan yang berbahan aluminium agar lebih awet dan kuat.

     Kalau kebetulan susah cari paking knalpot, lem sealer bisa menjadi alternatif buat mengatasi knalpot bocor.Tapi harus diingat, bukan sembarangan lem sealer yang bisa digunakan.Tetapi lem sealer yang punya spek tahan suhu tinggi.Cara pakainya cukup dioleskan ke semua permukaan paking baik itu bagian atas maupun bawah hingga merata.Lalu oleskan di pinggir lubang pipa buang sebelum ujung knalpot dipasang untuk dikencangkan bautnya.

     Oh iya jika mengalami kondisi ini saat sedang berpetualang, alumunium foil yang biasanya terdapat pada bungkus rokok bisa menjadi pertolongan pertama lho. Cara pakainya tinggal lilitkan di bagian ujung kepala knalpot secara melingkar.Jangan takut aluminium foil yang berada di dalam pipa knalpot akan mengganggu aliran gas buang.Karena itu akan terbakar dan keluar dari moncong knalpot.

comments

`