Spakbor adalah salah satu komponen yang terdapat di dalam motor dan memiliki beberapa fungsi. Spakbor ini biasanya terletak di bagian depan dan belakang motor. Adanya spakbor dapat menjadi pelindung bagi penumpang maupun pengendara agar tidak terkena cipratan air.
Selain itu adanya spakbor pada motor ini juga bisa menambahkan kesan keren pada kendaraan, sehingga Anda akan lebih percaya diri ketika berkendara. Tanpa adanya spakbor, maka motor Anda tidak akan terlihat bagus karena terasa sangat monoton.
Adapun untuk desain dari spakbor biasanya mengikuti badan kendaraan dan tampilan motornya. Hal ini dibuat agar Anda tidak memasang spakbor asal-asalan, karena tentu motor tidak akan menarik lagi untuk dilihat. Di bagian belakangnya juga mengikuti badan motor dan presisi agar kendaraan lebih elegan.
Spakbor juga sering kali mendapat masalah dan kerusakan, terutama untuk bagian spakbor belakang. Seperti spakbor yang lepas, patah akibat benturan keras dan juga kondisi spakbor yang bengkok atau miring. Lantas, bagaimana cara mengatasinya?
Masalah spakbor belakang yang lepas sebenarnya sangat jarang terjadi, itu karena model spakbor pada umumnya terikat kuat dengan bodi atau frame belakang. Jika ada kasus spakbor terlepas biasanya terjadi pada model spakbor yang dipasang terpisah menggunakan baut atau model plug and play seperti komponen modifikasi dan kondisi tersebut rentan terlepas apabila pengguna kurang memperhatikan kekencangan baut atau faktor kesalahan ketika pemasangan.
Untuk spakbor yang rusak yang cukup fatal seperti akibat patah atau benturan yang disebabkan karena jatuh atau kecelakaan, terlebih dahulu harus dilakukan pemeriksaan secara menyeluruh. Karena untuk mengetahui lebih lanjut, apakah kerusakakan tidak hanya pada bagian spakbor tapi juga pada bagian lainnya. Solusinya Anda bisa mengunjungi bengkel kepercayaan terdekat untuk pemeriksaan sepeda motor.
Jika kerusakan hanya terdapat pada bagian spakbor belakang saja, maka cukup melakukan penggantian sparepart. Atau jika kerusakannya cukup ringan seperti retak atau dalam kondisi darurat bisa mengikatnya menggunakan kabel ties atau ripet yang sifatnya hanya penanggulangan perbaikan sementara.
Spakbor dalam kondisi miring atau bengkok bisa dilihat ketika ujung spakbor belakang tidak lurus sejajar dengan bagian tengah permukaan ban. Penyebab kondisi tersebut terjadi karena beberapa faktor, diantaranya. Penyebab yang pertama karena terjatuh atau kecelakaan yang menyebabkan posisi spakbor menjadi miring. Yang kedua karena pada bagian engine mounting atau juga dudukan spakbor belakang terdapat kerusakan atau kesalahan pemasangan.
Spakbor miring juga bisa disebabkan karena kerusakan di bagian velg sepeda motor yang peyang, sehingga jika dilihat secara visual menyebabkan spakbor belakang terlihat menjadi miring. Jika dibiarkan terlalu lama, kondisi tersebut membuat sepeda motor menjadi tidak nyaman dikendarai. Untuk itu disarankan untuk melakukan pengecekan dan perbaikan di bagian yang rusak pada sepeda motor di bengkel kepercayaan Anda ya.
Image credit : zigwheelsindonesia.com