caption trialgame

Spek Tinggi Kuda Besi Eropa!

Thursday, 5 January 2023

Spek Tinggi Motor Adventure Eropa


Pergerakan segmen motor adventure di Indonesia dengan mesin besar memang sedang naik daun akhir-akhir ini. Tidak sedikit penggila motor yang memimpikan untuk memiliki motor tipe adventure. Maklum saja tongkrongan yang gahar serta performa yang mantab, tentu bakal membuat Anda bermimpi membawanya pulang.

Nah lewat artikel ini kita akan coba kupas dua motor adventure pabrikan Eropa yang secara kualitas tentu tidak diragukan lagi, yaitu Aprilia Tuareg 660 dan Husqvarna Norden 901. Simak ulasannya ya yuk, kali aja ada rejeki di masa depan untuk meminang salah satu atau malah dua-duanya.

Aprilia Tuareg 660 adalah motor adventure yang memiliki tampilan gaya adventure dakar. Rangkanya menggendong mesin berkubikasi 659 cc DOHC, 4-tak, 2-silinder, pendingin cairan, pendingin oli, dan berpengabut injeksi. Racikan itu mampu memproduksi tenaga maksimal 79 Hp pada 9.250 rpm dan torsi puncak menyentuh 70 Nm di puntiran mesin 6.500 rpm.

Soal fitur, moge 2 alam ini sudah dibenamkan panel instrumen TFT, Ride-by-Wire, Aprilia Performance Ride Control) meliputi Traction Control, Cruise Control, Engine Brake, dan Engine Map. Kemudian ada riding mode 4 pilihan yakni Urban, Explore, Offroad, dan Individual. Teknologi ABS-nya juga bisa diatur sesuai keinginan si pemilik.

Nah sementara itu Husqvarna Norden 901 tampil dengan desain radikal. Kemunculan awal dari Norden 901 memanfaatkan pameran EICMA Milan 2019. Saat diperkenalkan ke publik Italia, motor tersebut masih berupa konsep, namun versi massalnya saat ini tak jauh berbeda.

Jantung pacu dari Husqvarna 901 mengandalkan mesin mesin 889,5 cc, 2-silinder, 4-tak, DOHC, parallel twin yang memiliki bore x stroke: 90,7 mm x 68,8 mm dengan kompresi di 13,5:1. Rancang ini mampu memompa tenaga maksimal 105 Hp pada 8.000 rpm dan torsi puncak 100 Nm pada 6.500 rpm. Keseluruhan output kemudian disalurkan lewat transmisi 6-percepatan.

Bicara fiturnya, Norden 901 sudah dibekali dengan panel meter TFT, riding mode (Street, Rain, Offroad & Explore), ABS Cornering (Street/Offroad), Cornering Motorcycle Traction Control (MTC), Power Assist Slipper Clutch, Easy Shift, hingga teknologi Throttle ride-by-wire.

Soal harga gimana? Nah ini yang bikin pusing para penggila motor. Harga yang ditawarkan dua motor iniu memang terhitung lumayan bikin saldo tabungan Anda jebol. Aprilia Tuareg 660 mengharuskan Anda merogoh lebih dari 600 juta sedangkan Husqvarna Norden 901 sedikit lebih murah dikisaran 500 jutaan. Pilih yang mana jadinya nih?

comments

`