caption trialgame

Standar Samping Bikin Rugi

Wednesday, 10 July 2019

   Motor Trail memang dirancang untuk bisa melahap beragam macam jenis lintasan, karena itu bisa dibilang hampir sebagian besar komponen milik motor trail tahan banting alias memiliki kualitas yang bagus. Tapi biasanya ada satu komponen dari motor biasa yang tidak terdapat motor trail yaitu standar tengah.

   Motor trail biasanya hanya dilengkapi oleh standar samping atau standar miring. Banyak yang beranggapan bahwa hal ini adalah sepele dan tidak masalah. Namun tahukah Anda bahwa menyimpan motor trail dalam posisi miring dalam jangka waktu yang lama ternyata bisa berdampak buruk pada komponen motor trail lainnya?

   Sayang banyak yang tidak mengetahui efek negatif dari kebiasaan menggunakan standar samping, padahal dampaknya cukup merugikan. Seperti motor yang mudah terjatuh, sampai kerusakan dalam jangka panjang, yakni bocornya oli pada sistem suspensi.

   Biasanya pada posisi miring, motor trail Anda akan sering diduduki oleh orang lain. Gak percaya? Coba ingat saat berpetualang bersama teman, pasti saat berhenti ada saja yang duduk di atas motor trailnya. Berat beban motor dan berat orang yang menduduki motor kita akan ditopang oleh standar samping, shockbreaker, dan ban. Maka lambat laun standar samping akan semakin condong miring. Hal ini berlaku juga ketika parkir motor dengan waktu yang cukup lama.

   Seringnya menggunakan standar samping akan membuat bagian ban sebelah kiri akan lebih cepat botak. Hal ini terjadi karena posisi parkir dengan standar samping membuat beban yang disangga shockbreaker menjadi tidak seimbang, sehingga shockbreaker cenderung miring ke satu sisi.Ketika motor dikendarai, tekanan di ban sebelah kiri jadi lebih besar, sehingga sisi kiri ban menanggung beban yang lebih berat. Jadi, biasakan untuk parkir menggunakan standar ganda.

   Akibat lain yang bisa muncul yaitu motor menjadi miring ke satu sisi (kiri). Shock sebelah kiri akan selalu terbebani saat motor diparkir dengan standar samping. Kondisi tersebut mengakibatkan sok kiri menanggung bobot sekitar 40 persen dari motor ketika sedang tidak beroperasi. Efek jangka panjang yang terjadi dari prilaku tersebut membuat material sil mudah getas atau mengalami kebocoran.

   Oleh karena itu, jika motor trail Anda tidak dilengkapi dengan standar tengah, kami sarankan untuk membeli penyangga motor trail atau standar balap model paddock. Gunakan alat ini saat menyimpan motor trail Anda untuk menghindari hal-hal di atas.

comments

`