caption trialgame

Stang Motor Trail Itu Berat!

Wednesday, 11 January 2023

Beratnya Kendali Stang Motor Trail


Pernah tidak Anda merasa, stang motor menjadi berat ketika akan dibelokan? Tentu Anda akan kagok bahkan kehilangan keseimbangan dalam berkendara, ketika setang motor terasa berat. Selain itu, resiko terjatuh menjadi lebih besar lho, akibat akibat sulit mengendalikan setir, yang menyebabkan kerugian pada diri sendiri. Jika Anda merasakan hal tersebut, segeralah periksa beberapa komponen pada stang dan melalui artikel ini kami akan coba bantu mencari biang kerok masalah ini.

Yang pertama tentu saja memeriksa komstir motor Anda. Biasanya jika ada kerusakan pada komstir maka stang motor juga akan terasa seperti ngebuang arah, padahal motor sedang melaju dengan posisi setang lurus ke depan. Perlu diingat, tanpa komstir tentu sepeda motor gak akan bisa dikendalikan.Sebab, pada dasarnya komstir memang berperan penting dalam proses pengendalian setang motor. Jika ingin mengecek komponen ini, Anda bisa menemuknnya sumbu antara segitiga garpu depan dengan rangka dari sepeda motor. Biasanya, faktor yang menyebabkan komponen ini gak beres yaitu, akibat usia pemakaian yang terlalu lama sehingga komstir aus, oblak, kasar, dan susah bergerak, maka setang akan kaku dan sering ngebuang.

Komponen yang berasal dari roda pun bisa menjadi sumber masalah dari beratnya setang motor. Komponen tersebut adalah bearing roda, yang terletak di tengah roda dan berfungsi menjaga poros ban agar gak berbenturan langsung dengan rumah roda, sehingga membuat bearing roda jebol. Nah, jika terjadi hal tersebut namun diabiarkan terlalu lama, maka swing arm akan rusak dan membuat dampak buruk bagi pengendara.

Jika Anda ingin memeriksa kondisi ini, Anda bisa menggoyangkan roda ke sisi kanan dan kiri. Bila menemukan bantalan perlu bentuknya sudah peyang atau pecah, itu mendakan laher pada bearing mengalami kerusakan. Anda harus segera menggantinya denga sparepart bearing yang baru, sebelum terjadi dampak buruk lainnya.

Penyebab lainnya juga bisa terjadi akibat posisi shockbreaker tidak presisi atau gak pas. Biasanya, masalah ini terjadi akibat motor trail Anda sering melibas medan offroad nihsehingga berdampak pada setang juga. Nah Anda melakukan penyetingan ulang shockbreaker agar keduanya kembali seimbang, ya. Oya, ketika hendak memeriksa sepeda shockbreaker, perlu mengetahui juga ada komponen bernama dudukan segitiga. Komponen ini menghubungkan setang dengan shockbreaker. Jika dudukan segitiga ini mengalami ketidaksejajaran antara garpu kanan dan kiri, maka sebaiknya lakukan pengepresan agar bentuk kembali sejajar ya.

Salah satu penyebab lainnya juga bisa terjadi karena salah menyetel setang motor, yang menyebabkan setelannya kurang benar. Hal ini mengakibatkan setang dalam kondisi yang gak seimbang, antara bagian kanan dan kirinya, sehingga setang terasa lebih berat ke salah satu sisi ketika Anda mengendarai motor. Nah, jika seandainya penyetelan setangnya benar, sebaiknya mau juga menggunakan motor secara benar juga, ya. Sebab, hal ini juga terjadi merupakan salah satu pengaruh setang motor jadi berat, bahkan merusak kinerja mesin.

 

comments

`