caption trialgame

Step Berikutnya Ubah Motor Trail Siap Trabas!

Wednesday, 27 January 2021

Step Berikutnya Ubah Motor Trail Siap Trabas!


Pada artikel sebelumnya kami sudah mengulas mengenai perubahan awal agar motor trail dual sport bisa tampil garang saat trabasan. Maklum saja motor ini peruntukannya memang untuk dua medan namun untuk tampil di medan offroad masih harus perlu banyak penggantian atau penambahan komponen agar performanya bisa terangkat.

Motor trail dual sport  disiapkan untuk aspal dan tanah, oleh karena itu komposisi gear dibuat seimbang oleh pihak produsen. Saat melahap tanjakan tajam, Anda bisa merasakan tenaga yang kurang dan solusinya menukar sprocket rantai di depan dan belakang bisa menjadi solusi.  Anda tinggal perbesar ukuran sprocket dari bawaan pabrik. Semakin besar gear belakang dan kecil di depan, hentakan ban dijamin lebih kuat. Sementara nafasnya makin pendek. Kalkulasikan saja sendiri agar sesuai yang diinginkan.

Jika Anda belum puas dengan hasil mempersar sprocket, Anda bisa membongkar kopling dan mengganti kampasnya dengan dengan milik Honda GL, atau lebih menggigit lagi, milik KX 85 berikut per koplingnya. Proses pemasangan tak sulit, harganya tidak terlalu mahal namun hentakan motor akan semakin tajam.

Sebenarnya mesin dan sistem pengabutan dari motor trail dual sport cukup mumpuni untuk diajak trabasan tapi jika Anda masih belum puas bisa menambahkan karburator plug and play ukuran 28 serte melakukan kustomiasai ukuran main jet dan pilot jetnya. Tapi jangan lupa, exhaust juga sebaiknya ikut diganti. Supaya paduan ini bisa bekerja optimal. Inilah keuntungan masih memakai pengabut bensin, mudah untuk diseting.

Nah untuk menambah optimal performa, Anda bisa menambahkan beberapa asesoris tambahan seperti misalnya gas spontan. Perangkat ini bisa  mengubah mekanisme putaran gas lebih ringkas. Tak perlu memelintir terlalu banyak, putaran mesin langsung tinggi. Berikutnya engine guard atau skid plate. Pelindung blok mesin ini tersedia dalam berbagai bahan. Plastik keras, atau besi solid. Keduanya sudah bisa melindungi dari empasan kerikil maupun benturan batu, tinggal sesuaikan selera. Frame guard juga sebaiknya dipasang, supaya tak meninggalkan gores saat offroad.

Ada pun hand guard, melindungi tangan dari lemparan batu kendaraan di depan. Aksesori ini juga berfungsi saat posisi pinggir stang, mau tak mau menghantam ranting di kecepatan tinggi. Setidaknya tangan Anda terlindungi dari risiko cedera.. Dan sebaiknya baiknya headlamp dan stoplamp bawaan pabrik juga tinggalkan di rumah disamping bobotnya terlalu berat, Anda tentu tidak ingin lampu asli pecah bukan jika terjatuh.

comments

`