caption trialgame

Suka Duka Rem Tromol Saat Hujan!

Wednesday, 9 November 2022

Suka Duka Rem Tromol di Musim Hujan


Pengguna motor trail saat ini yang masih menggunakan rem tromol pada tunggangannya memang bisa dihitung dengan jari. Maklum saja, motor trail keluaran terbaru biasanya sudah dilengkapi dengan rem cakram. Dan pengguna motor trail dengan rem tromol biasanya adalah penyuka motor trail vintage atau memang belum ada dana untuk mengupgrade motor trail mereka.

. Tapi jika motor trail Anda ternyata masih menggunakan rem tromol, jangan khawatir dan jangan minder. Karena jenis rem ini ternyata memiliki keunggulan juga lho. Kelebihan dari rem tromol jika dibandingkan dengan rem cakram adalah karena sifatnya yang tertutup sehingga tidak mudah disusupi kotoran ataupun debu. Sebuah fitur yang menjadi nilai plus mengingat seringnya motor trail Anda diajak kotor-kotoran melahap medan offroad.

Kinerja pengeraman pada rem tromol lebih lembut dan penampang pengereman dapat dibuat lebih lebar untuk memaksimalkan pengereman.Selain itu rem tromol juga mampu menahan beban yang cukup besar. Anda bisa lihat sendiri buktinya, rem tromol masih banyak digunakan pada kendaraan berat seperti truk atau bus.

Nah memasuki musim hujan seperti saat ini, Anda perlu memberikan perhatian ekstra nih pada rem tromol motor trail. Di musim hujan ini, rem model tromol ini ternyata lebih mudah menyimpan deposit kotoran jika dibandingkan dengan rem cakram. Pada prinsipnya kotoran itu bisa masuk ke area rem tromol lewat celah kecil, tapi karena posisinya tertutup, maka kotoran yang masuk sering terperangkap.

Kotoran yang terperangkap di dalam rem tromol bisa menimbulkan beberapa efek negatif. Contoh yang paling sering dirasakan adalah munculnya bunyi decit ketika rem digunakan. Jelas untuk mayoritas pengguna motor, bunyi ini terasa menggangu ketika motor digunakan. Kalau kotornya sudah terlalu banyak malah efeknya lebih parah. Roda juga bisa macet karena sering juga posisi rem tidak bisa balik karena kotoran yang mengendap di rem tromol.

Oleh sebab itu, lebih baik memang perhatikan kebersihan area rem tromol yang ada di motor. Meskipun agak merepotkan, sebaiknya dibongkar dan dibersihkan setidaknya satu tahun sekaliIntinya, untuk pengguna motor trail dengan rem tromol sebaiknya lebih diperhatikan ketika musim hujan tiba ya.

comments

`