caption trialgame

Sulap Tambang Timah Jadi Sirkuit, Ini Lokasinya!

Tuesday, 2 March 2021

Sulap Tambang Timah Jadi Sirkuit, Ini Lokasinya!


Sirkuit motor trail di Indonesia terbilang banyak jumlahnya. Kendati memang yang resmi menamakan diri mereka sirkuit masih bisa dihitung dengan jari. Nah salah satu lintasan grasstrack yang berani memproklamirkan diri sebagai sirkuit grasstrack adalah sirkuti Andri 1039 yang terletak di wilayah Desa Sekar Biru, Kecamatan Parittiga, Kabupaten Bangka Barat.

Meskipun terbilang baru, namun lintasan yang dibangun di atas lahan bekas area tambang seluas 15 hektar ini sangat layak untuk menggelar event grasstrack maupun motocross skala Nasional juga menjadi refrensi wisata keluarga. Sirkuit Andri 1031 ini didesain dengan panjang sekitar 1100 meter dengan lebar 40-50 meter digrid star dan lebar rata-rata 8-10 meter ini dihiasi dengan 13 belokan dan 6 handicap penuh tantangan.

Di dalamnya terdapat 6 kolong biru alias 6 kolam biru bekas galian timah. Perpaduan antara keindahan 6 kolong biru dan sirkuit Andri 1031 ini akan nampak sempurna ketika terlihat dari atas. Tidak salah jika sirkuit Andri 1031 ini layak menjadi refrensi wisata otomotif di Bangka Barat.

Kendati memang hingga saat ini masih belum selesai proses finishingnya, namun pihak pengelola terus berbenah demi demi memanjakan para pembalap maupun penonton yang berada disirkuit Andri 1031 ini. Pihak pengelola sirkuit ini juga berharap bahwa setelah menjadi wisata otomotif di Bangka Barat maka akan mengundang animo banyak orang baik para pecinta olahraga grasstrack dan motocross maupun masyarakat sekitar yang ingin menikmati keindahan kolong 6 ini. Jadi Bangka Barat tidak hanya sebagai kota perlintasan saja, melainkan menjadi kota yang layak untuk dijadikan tempat wisata.

Sayangnya, sirkuit yang telah beroperasi sejak pertengahan Agustus 2020 lalu ini belum sempat menyelenggarakan event bertaraf nasional, apalagi hingga saat ini pendemi masih terus melanda negeri ini. Semoga saja pandemi ini cepat berlalu, agar kita bisa menikmati serunya memacu motor trail di atas lintasan bekas tambang timah ini.

comments

`