caption trialgame

Sulitnya Mencari Sparepart Trail Jadul!

Tuesday, 23 March 2021

Sulitnya Mencari Sparepart Trail Jadul!


Bagi Anda yang memiliki motor trail jadul, tentu sudah pernah mengalami sulitnya mencari sparepart untuk keperluan motor Anda. Apalagi jika ternyata motor trail jadul Anda merupakan barang antik yang peredarannya saat pertama dirilis pun sangat sedikit.

Ada beberapa alasan mengapa komponen motor jadul sulit ditemui saat ini,  ketersediaan sparepart motor jadul di pasaran saat ini bergantung dari model motornya. Biasanya semakin tua sebuah motor, sparepartnya juga semakin susah untuk ditemui.

Di kalangan para kolektor motor-motor antik, biasanya sparepart motor produksi di bawah tahun 70an sudah mulai sulit untuk dicari, sementara untuk motor tahun 70-an ke atas masih cukup mudah ditemui. Bukan hanya tahun produksi ternyata yang menentukan tingkat kesulitan mencari sparepart, negara asal

Salah satu ketersediaan sparepart yang paling sulit ditemui adalah milik motor Eropa. Sparepart motor Eropa ini hampir tidak ada lagi yang jual karena memang populasi motornya juga sedikit. Biasanya para builder atau yang ingin melakukan restorasi, melakukan kanibal sparepart jika ingin mendapatkan komponen asli.

Saat ini sparepart motor jadul sebenarnya masih cukup banyak ditemui di online shop. Namun para pembeli harus selektif mengingat banyaknya spare part tidak orisinil alias KW yang dijual di e-commerce. Tapi tidak sedikit juga sih penggemar motor antik yang tidak mempermasalahkan hal ini karena biasanya motor trail tua mereka hanya untuk pajangan saja sambil dipanaskan sesekali, bukan untuk dibawa trabasan atau turun ke lomba.

Sebenarnya tiap pabrikan sepeda motor menjamin ketersediaan suku cadang, baik untuk motor yang masih diproduksi atau yang sudah disuntik mati. Lama pabrikan membuat spareparts untuk suatu model yang sudah setop produksi bervariasi. Tapi biasanya berkisar antara tujuh sampai 10 tahun. Tergantung pula dengan popularitas produk tersebut.

Nah jadi jika Anda ingin memulai mengoleksi atau mempertimbangkan membeli motor trail jadul, pastikan bahwa ketersedian sparepartnya mudah didapat ya. jangan sampai bisa membeli tapi kemudian tidak bisa merawatnya.

 

 

comments

`