caption trialgame

Suspensi Pintar Bakal Digunakan Motor Trail

Tuesday, 29 October 2019

Riset dan Pengembangan adalah hal penting dalam persaingan bisnis. Anda bisa membuat produk Anda menjadi lebih baik dan berbeda dibandingkan kompetitor. Oleh karena itu produsen otomotif termasuk motor trail seolah berlomba untuk menghasilkan hal-hal baru yang bisa membedakan produk mereka.

Salah satu inovasi baru yang akan digunakan pada motor trail adalah suspensi pintar. Pemakaian teknologi suspensi dengan penyesuaian otomatis tanpaknya akan dilakukan Honda pada model motor trail CRF450R.

Pemakaian teknologi suspensi aktif tersebut akan bekerja mengatur kenyamanan berkendara pengguna dengan menggunakan sistem komputer. Sejumlah sensor pemindai serta perangkat komputer dipasang, untuk menyesuaikan kesesuaian suspensi berdasar permukaan jalan yang dilalui.

Sebenarnya teknologi yang digunakan oleh Honda ini disebut tidak jauh berbeda dengan model pemakaian suspensi elektronik pada produk sepeda motor berkarakter petualang keluaran BMW Motorrad. Tapi untuk jenis motor trail, Honda merupakan yang pertama yang akan menggunakan sistem suspensi jenis ini.

Cara kerja sistem suspensi ini yaitu komponen pendeteksi akselerasi akan mengawali kinerja sistem dengan mendeteksi permukaan jalan yang akan dilalui, berlanjut menuju Road Surface Decision Unit dan Suspension Controlling Unit.Sinyal yang berasal dari dua komponen tadi akan mengaktifkan mekanisme penyesuaian suspensi tak kurang dari hitungan milidetik.

Pengubahan yang dilakukan dengan bantuan sensor akselerasi tersebut dapat mengurangi maupun menambah tekanan, mengubah tingkat aliran hidrolis dari oli pada garpu suspensi, hingga mengganti ukuran perpanjangan kaki garpu suspensi.Sistem ini dikabarkan memiliki desain parameter waktu sehingga dapat memantau permukaan jalan secara kontinu selama berkendara.

Teknologi adaptasi suspensi ini berpeluang mengenali posisi kendaraan saat tengah melompat, hingga mempersiapkan komponen peredam kejut itu saat motor kembali menyentuh permukaan tanah. Jika Honda dapat mengaplikasikan teknologi ini dengan sempurna, rasanya peta persaingan motor trail akan banyak mengalami perubahan, terutama dalam dunia kompetisi atau lomba. Menurut rencana teknologi ini akan diterapakan pada motor trail CRF450R untuk produksi tahun 2020 mendatang.

Image credit : dirtbikemagazine.com

comments

`