caption trialgame

Tambahkan Piranti ini Sebelum Trabasan

Thursday, 6 October 2022

Tambahkan Piranti ini Sebelum Trabasan


Kendati peredaran motor trail di Indonesia meningkat lebih dari 100 persen dalam kurun waktu 5 tahun terakhir tapi hampir sebagian besar motor trail yang beredar di Indonesia umumnya adalah motor trail dual sport entry level. Maklum saja, masih banyak orang yang memanfaatkan motor trail untuk aktivitas sehari-hari, di samping juga untuk melepas ketegangan pada akhir pekan.

Dan sudah pasti karena motor tersebut adalah motor entry level, makan diperlukan beragam komponen tambahan jika Anda ingin mengajaknya trabsan. Komponen apa saja sih yang harusnya menempel pada motor trail Anda agar perfoma terjaga dan keamanan serta kenyamanan pengendara tetap terjamin? Simak ulasannya ya.

Yang pertama adalah hand guard. Hand guard seharusnya menjadi komponen standar yang  terpasang di semua motor trail. Maklum saja, selain berfungsi melindungi tuas kopling dan tuas rem depan saat kecelakaan, hand guard berguna melindungi tangan dari sabetan ranting-ranting pohon. Walaupun ranting-ranting pohon dan ranting semak belukar berukuran kecil, percaya deh dalam kecepatan tinggi bisa membuat tangan Andat menderita cedera yang cukup parah

Rata-rata motor trail entry level tidak dilengkapi dengan skid plat, padahal komponen ini merupakan plat yang berfungsi untuk melindungi mesin dari benturan. Skid plate akan melindungi mesin dari benturan batu maupun saat motor masuk ke dalam kubangan yang dalam. Ada beberapa motor trail yang sudah dilengkapi dengan komponen ini, namun kebanyakan belum. Bahan dasar skid plate ada yang terbuat dari  bahan plastik yang kuat dan  bahan logam.  Jika kondisi keuangan memadai, kami sarankan untuk menggunakan yang berbahan dasar logam karena memberikan perlindungan lebih optimal terhadap mesin.

Pada motor trail off road, sangat penting menjaga suspensi agar tetap prima. Salah satu caranya adalah dengan memasang fork guard atau pelindung suspensi depan. Motor trail buat off road sudah sangat terbiasa bersentuhan dengan debu, lumpur, dan kotoran. Tanpa fork guard, kotoran-kotoran itu bisa menempel di bagian fork yang bisa membuat seal fork menjadi cepat rusak.  Jika rusak maka  kinerja fork tidak lagi maksimal dan off road pun menjadi aktivitas yang jauh dari menyenangkan. Nah jika motor trail Anda tidak memiliki tiga komponen di atas, sebaiknya urungkan dulu niat untuk trabasan ya.

 

comments

`