caption trialgame

Tanda Awal Knalpot Motor Trail Mulai Bocor

Monday, 22 May 2023

Tanda Awal Knalpot Motor Trail Mulai Bocor


Sebagai salah satu perangkat yang pembuangan hasil pembakaran, kondisi knalpot motor trail Anda sebaiknya jangan sampai luput dari perhatian.  Terkadang karena sudah terlalu lama dipakai, kondisi knapol yang bocor menjadi masalah yang paling umum terjadi.  Namun juga banyak yang tidak sadar mengenai knalpot bocor yang meskipun terasa sepele, bisa saja merambah ke masalah yang lebih besar.

Untuk mempermudah Anda, ada beberapa ciri-ciri jika knalpot motor trail Anda mulai bocor. Yang pertama adalah suara knalpot yang tidak normal. Suara yang dihasilkan oleh knalpot motor menjadi tidak normal, terdengar lebih berisik atau menderu. Knalpot yang rusak dapat menghasilkan suara yang berderak, berisik atau bahkan menimbulkan suara ledakan.

Kemudian berimbas pada kurangnya performa mesin. Ini disebabkan oleh sulitnya mesin untuk bernafas serta menghambat keluarnya gas buang. Dan dampaknya juga bisa membuat konsumsi bahan bakar menjadi lebih boros, karena mesin bekerja lebih keras.

Knaplot yang bocor biasanya akan menimbulkan bau asap yang tidak normal, seperti bau asap yang sangat tajam atau bau bahan bakar yang tidak terbakar, dapat menunjukkan adanya masalah pada knalpot.

Nah untuk mendeteksinya, Anda bisa dilakukan secara mandiri, tanpa harus dibawa ke bengkel.  Yang pertama adalah nyalakan mesin dalam keadaan idle atau langsam lalu tutup lubang knalpotnya. Kalau muncul suara berdesis itu berarti ada kebocoran di knalpot motor trail Anda.

Selain terjadinya retakan atau lubang pada silencer, knalpot yang bocor sering terjadi karena tidak pasnya posisi sambungan knalpot di head silinder. Atau bisa juga disebabkan kondisi paking knalpot yang sudah rusak atau lupa terpasang.

Jadi jika motor trail Anda mengalami kebocoran pada knalpot, segera konsultasikan dengan bengkel kepercayaan Anda ya. Pada beberapa bengkel, biasanya ada yang menyarankan untuk langsung menggantinya, tapi biasanya mekanik di Indonesia handal-handal kok, mereka akan mencoba memperbaiknya sampai jika dirasa tidak bisa lagi, baru akan menyarankan Anda untuk mengganti knalpot bocor tadi.

comments

`