caption trialgame

Teknologi MIPS, Bikin Helm Makin Canggih!

Tuesday, 9 February 2021

Teknologi MIPS, Bikin Helm Makin Canggih!


Helm merupakan perangkat vital perlindungan bagi mereka yang berkendara, terutama bagi para profesional yang turun dalam ajang lomba. Mereka membutuhkan perlindungan lebih agar bisa meminimalisir terjadi hal-hal buruk ketika terjadi kecelakaan. Tidak heran jika kemudian jika teknologi helm motor untuk meningkatkan nila keselamatan selalu terus dikaji.

Saat ini, mayoritas helm memiliki lapisan polystyrene (EPS) yang lebih ringan, lebih tahan lama, dan lapisan dalam yang mewah. Namun lapisan EPS ini biasanya tidak menangani benturan dengan baik.Dampak yang paling umum adalah dapat mentransfer guncangan langsung ke kepala dan leher pengendara.

Saat ini ada sebuah teknologi baru bernama Multi-directional Impact Protection System atau disingkat MIPS. Teknologi ini diyakini dapat mengurangi efek dari guncangan tersebut. Nah di tahun 2021 ini, teknologi MIPs mendapatkan sebuah update dan memperkanlkan mekanisme keselamatan baru di sistem ini.

Di helm berteknologi MIPS nantinya, terdapat sebuat sistem BPS atau Brain Protection System yang telah dimaksimalkan. Sistem BPS di helm dengan MIPS ini terletak di antara EPS dan lapisan dalam helm. Jika terjadi kecelakaan, BPS dan inner-lining tetap terasa pas di kepala karena EPS dan kulit luar akan menyesuaikan arah rotasi guncangan yang muncul. Hal ini membuat BPS berfungsi sebagai lapisan pelindung yang melindungi pengendara dari gegar otak atau bahkan kerusakan otak.

Sistem BPS di MIPS ini memiliki sebuah penarik karet yang dipasang langsung ke EPS.Alhasil setelah terjadi tabrakan, BPS akan kembali ke lokasi semula. Tidak seperti pendekatan 'Glancing Off' milik Arai, MIPS mengakomodasi berbagai jenis shell dan liner.

Maklum saja, karena memang ada beberapa produsen helm yang menggunakan teknologi ini ya.  Hal ini dikarenakan MIPS lebih memilih menawarkan teknologi BPS ini untuk berbagai pabrikan helm. Kendati memiliki fitur premium, helm yang menggunakan teknologi MIPS ternyata memiliki harga jual yang tidak terlalu tinggi. Sebagai contoh 0063ontoh seperti Bell Qualifier DLX MIPS yang dijual seharga $ 279 atau sekitar Rp 3 jutaan. Atau  Icon's Airflight MIPS Stealth dijual dengan harga $ 320 atau sekitar Rp 4 jutaan.Bell, Icon, dan Moose Racing adalah beberapa pabrikan yang menawarkan helm dengan teknologi MIPS dan liner BPS untuk tahun 2021.

Teknologi MIPS dan BPS terbaru ini membuktikan bahwa fitur keamanan di helm selalu bisa menjadi lebih baik. Nah kapan kira-kira teknologi ini bisa diaplikasikan ke helm produksi lokal? Saran kami, jangan terlalu berharap banyak ya.

 

comments

`