caption trialgame

Tepat Memilih Ukuran Ban Motor Trail

Thursday, 28 February 2019

Penggemar motor trail di Indonesia sekarang “dimanjakan” oleh produsen dengan banyaknya pilihan motor trail yang ditawarkan. Mulai dari produk “lokal” hingga motor build up yang harganya selangit. Dibandingkan tahun 90-an, tentunya kini jauh lebih mudah bagi konsumen untuk memilih motor trail idaman. Untuk saat ini motor trail apapun tersedia di pasaran, tergantung seberapa tebal isi dompet konsumen.

Tap terkadang Anda perlu sedikit melakukan upgrade pada motor trail yang baru Anda beli agar dapat dengan nyaman saat melakukan offroad. Salah satu komponen yang biasanya paling pertama dilakukan upgrade adalah ban, apalagi jika Anda ternyata membeli motor trail dual sport. Ban bawaan pabrik motor trali dual sport, sudah pasti tidak akan nyaman digunakan untuk offroad, karena peruntukannya untuk jalanan aspal.

Ban motor trail atau yang biasa di sebut dengan ban pacul atau ban tahu, merupakan salah satu komponen penting yang wajib terpasang di motor trail off the road atau trail yang sering digunakan di Tanah. Pasalnya tanpa ban pacul motor akan susah mendapatkan grip dan traksi, apalagi jika lintasannya tanah yang becek dan licin.

Pemilihan ukuran ban motor trail juga penting, karena jika asal milih ban pacul ini bisa bisa tidak sesuai dengan velg motor, atau motor menjadi lebih tinggi maupun lebih rendah karena pada ban trail bukan ada ukuran velg saja namun juga ada ukuran ketinggian ban trail itu sendiri.

Untuk bisa memilih ukuran ban yang tepat tepat, ada baiknya Anda tau cara membaca ukuran ban trail itu sendiri. Biasanya ada format seperti ini pada ukuran ban motor trail, misalnya 80/100-12. Angka 12 di belakang itu adalah ukuran ring velg yang memakai satuan inci jika ini tidak sama dengan ban yang di beli bisa bisa roda ban tidak muat di pasang di velg sobat atau malah kelebaran.

Sedangkan angka 80 yang ada di awal itu adalah ukuran lebar sebuah roda ban dengan satuan mili meter, dan angka 100 itu menunjukkan tinggi sebuah roda ban pacul dengan satuan millimeter juga. Jadi ketika di gabung 80/100-12. Artinya roda ban trail atau ban pacul itu memiliki lebar 80 mili meter dengan tinggi ban sebesar 100 millimeter yang muat dipasang di velg dengan ukuran ring 12 inchi. Jadi ketika ukuran tinggi berbeda misalnya 100/110-12 atau lebih kecil missal 90/80 maka akan terjadi perbedaan ketinggian pada motor Anda.

Oh iya ban motor yang digunakan untuk di jalan offroad biasanya ukuran ban depan lebih besar ya. Tujuan utama dari diameter ban depan yang lebih besar adalah dikarenakan ban depan merupakan ban pertama yang akan menghadapi lintasan. Pada jalanan offroad ini akan sangat penting untuk meredam goncangan sehingga memudahkan handling. Sedangkan ban belakang yang lebih kecil diaplikasikan untuk mempermudah manuver pada jalanan offroad. Ban belakang lebih kecil membantu saat membelok.

comments

`