caption trialgame

ternyata ada beberapa 'cairan' yang bikin kerusakan!

Tuesday, 20 September 2022

Hindari Penggunaan Zat Aditif Ini


Saat ini lagi ramai pakai cairan WEPP 2111S di mesin motor yang dituang bersama oli mesin. Cairan WEPP 2111S yang disebut juga sebagai nano ceramic diperuntukan untuk motor jenis matic. Namun ada pertanyaan yang sering menguak yaitu apakah aman diaplikasikan pada motor non matic?

Sebelum membahas lebih jauh, kita telusuri dulu fungsi dan manfaat dari cairan WEPP 2111S saat dipakai di mesin motor ini.  Cairan WEPP 2111S merupakan zat aditif tambahan buat oli mesin. Sesuai dengan namanya, zat aditif adalah zat atau bahan tambahan yang dicampurkan ke dalam oli mesin.

Zat aditif umumnya berfungsi untuk mengurangi gesekan, membuat oli mesin jadi lebih tahan terhadap penguapan. Sebenarnya setiap oli sudah memiliki zat aditif, namun cairan WEPP 2111S ini menjadi zat aditif tambahan buat oli mesin.Cairan WEPP 2111S berfungsi untuk melapisi komponen berbahan logam di dalam mesin. Misalnya pada permukaan piston dan dinding silinder.

Komponen logam yang dilapisi cairan WEPP 2111S ini diklaim jadi lebih licin. Hal itu membuat gesekan antara komponen logam di dalam mesin lebih berkurang. Efeknya mesin bersuara lebih halus, senyap atau minim getaran dan membuat tarikan motor lebih enteng.

Nah jika cairan zat aditif WEPP 2111S dipakai pada  motor kopling basah atau terendam oli seperti motor trail Anda, maka akan membuat  koplingnya jadi slip. Cairan WEPP 2111S  juga disebut-sebut membuat oli mesin jadi lebih licin. Gejala slip kopling pada motor kopling basah ditandai dengan tingginya rpm mesin, tapi tidak diikuti dengan menambah kecepatan, jadi cuma mesin yang meraung.

Gejala slip jadi mengganggu karena tenaga mesin tidak tersalurkan maksimal, dan konsumsi bensin berakibat jadi lebih boros. Sebaikya hindari penggunaan cairan WEPP 2111S ini pada mesin kopling basah karena akan membuat slip. Nah jadi jangan gunakan zat aditif ini pada motor trail Anda ya, karena disamping tidak memberikan manfaat, malah akan membuat motor trail Anda tidak bisa tampil pada performa terbaiknya.

comments

`