caption trialgame

Tiba Saatnya Berburu Motor Trail!

Wednesday, 12 October 2022

Tiba Saatnya Berburu Motor Trail!


Musim hujan akhirnya tiba dan mulai membasahi di sebagian besar wilayah Indonesia. Bahkan di beberapa bagian, hujan turun dengan ekstrem sehingga mengakibatkanya terjadinya banjir. Nah jika hal ini terjadi maka biasanya segala aktivitas bakal mengalmi gangguan. Apalagi jika mobilitas Anda menggunakan motor yang memiliki ground clearence terhitung rendah. Saat musim hujan seperti inilah kemudian motor trail banyak dicari, karena reputasinya sebagai salah satu yang handal dalam melibas banjir.

Syarat untuk motor yang sanggup jadi pelibas banjir sebenarnya sederhana saja. Motor tersebut punya postur yang tinggi dan juga dibekali kemampuan off road atau adventure sekalipun dalam skala ringan. Dengan mudahnya persyaratan tadi, tentu cukup banyak pilihan motor yang bisa digunakan untuk melewati banjir.

Namun jangan salah, aspek penting motor yang tangguh melewati genangan air yaitu pada posisi intake yang cukup tinggi. Dikhawatirkan, air bisa merembes masuk lewat boks filter udara dan tersedot ke mesin. Artinya, motor dari jenis skutik bisa tersingkir dari nominasi karena posisi intake yang rendah.

Jenis yang paling pas yaitu berupa motor sport bergaya adventure atau motor trail. Beberapa waktu yang lalu, nah motor trail biasnaya memiliki desain mesin tegak dan posisi intake tinggi, motor seperti ini tidak perlu cemas bila harus melewati genangan setinggi 30 centimeter.

Motor dengan jenis adventure, dual purpose, atau trail biasanya dibekali ban yang lebih mencengkram jalan bukan aspal. Kita pun tahu bila kondisi jalanan yang tergenang biasanya sangat licin sehingga butuh traksi maksimal. Selain itu, motor juga harus ringan dan lincah karena pengendalian cukup berat bila di dalam genangan.

Soal harga, kita juga tidak perlu merogoh saku terlalu dalam. Sebab, motor dengan spesifikasi dual purpose sudah banyak yang harganya di bawah Rp30 juta. Nah buat Anda yang ingin aktivitasnya tidak terganggu saat musim hujan, menggunakan motor trail adalah pilihan yang bijaksana. Apalagi saat ini beragam jenis motor trail bisa ditemukan dengan mudah di pasar Indonesia, mulai dari entry level hingga expert, mulai dari yang murah sampai yang mahal, semua tersedia mengikuti selera dan bujet yang Anda miliki.

comments

`