caption trialgame

Tidak Enaknya Kondisi Arm Pump

Tuesday, 11 June 2019

Arm Pump memang banyak menyerang para pembalap, terutama Motocross yang membutuhkan kekuatan lengan menopang motornya. Tapi bisa terjadi juga pada pembalap motor lainnya, sebagai contoh pebalap MotoGp, Dani Pedrosa pernah mengalaminya di tahun 2015 lalu.

Cedera arm pump ternyata menderita banget. Bukan hanya dirasakan setelah mengendarai motor trail tapi selama berpetualang bisa terasa sakit dan hal ini bisa menguras stamina lho. Arm pump membuat kondisi pengendara melemah secara fisik ketika di atas motor.

Bukan itu saja bahkan untuk mengendalikan motor trailnya sendiri aja terasa sulit. Apalagi ketika di tikungan, di mana kedua lengan harus memainkan tuas kopling, tua rem depan dan selongsong gas. Anda kehilangan feeling menekan tuas rem depan dan throttle. Anda masih bisa mengendalikan motor, tetapi tidak dengan akurat. Anda kehilangan feeling yang Anda butuhkan untuk mengendarai motor di level teratas.

Arm Pump bukanlah situasi medis yang disebabkan satu hal. Ini adalah penyakit kombinasi yang berawal dari kebiasaan melakukan ekspansi otot akibat mencengkeram stang. Posisi mencengkeram tuas gas terus-menerus akhirnya membuat otot bengkak dan membatasi aliran darah atau bahkan bisa menghambat laju aliran darah. Akibatnya, darah yang berada di lengan punya kadar oksigen buruk alias darah dengan kelebihan asam laktat hingga menyebabkan kram.

Cedera Arm Pump untuk pembalap motor juga lebih riskan ketimbang yang didapat pemanjat tebing atau atlet angkat besi. Jika pemanjat tebing dan angkat besi, otot masih bisa berjalan melalui gerakan ringan. Namun bagi pembalap, keharusan mencengkeram stang terus menerus stang membuat tidak adanya kontraksi otot yang membuat kurangnya aliran darah hingga asam laktat menumpuk.

Gaya Anda membawa motor trail juga menjadi pemicu terjadinya arm pump. Semakin kencang di tikungan, maka beban motor yang mesti ditahan jelas bertambah hingga membuat otot lengan tak kuasa menahan berat. Arm Pump juga bisa dipengaruhi dari kinerja pegas motor. Jika kinerja suspensi buruk, maka tingat cengkeraman pada motor semakin besar. Kebiasaan mengerem jauh sebelum tikungan malah menambah tekanan jari pada rem yang berimbas pada kekuatan lengan jika dilakukan selama bertahun-tahun.

comments

`