caption trialgame

Tiga Hal Ini Bikin Piston Rusak!

Tuesday, 22 June 2021

Tiga Hal Penyebab Piston Motor Trail Rusak


Beragam komponen yang ada pada motor trail Anda tentu ada masa bahkan pada beberapa bagian motor yang bahkan jarang kita pikirkan seperti piston. Piston motor yang rusak diakibatkan beberapa penyebab. Salah satunya bisa saja karena kurangnya perawatan piston atau tidak mengecek kondisinya secara rutin. Padahal piston merupakan komponen yang berperan penting dalam sebuah kendaraan.

Perangkat ini berfungsi untuk mengubah tekanan dari hasil pembakaran sehingga menjadi dorongan dan mengompres campuran bahan bakar juga udara. Karena fungsinya yang sangat vital, sudah seharusnya Anda mengetahui terlebih dahulu apa saja yang menyebabkan piston motor rusak,  agar piston bisa lebih awet. Nah, untuk mengetahui lebih dalam tentang komponen yang satu ini. Yuk ketahui apa saja yang menjadi penyebab rusaknya piston motor sehingga bisa menghindarinya.

Jika Anda mengganti oli secara teratur maka sudah bisa dipastikan hampir semua komponen yang ada di motorakan lebih awet. Apalagi bagi Anda yang menggunakan motor trail untuk kegiatan harian,  pastinya harus lebih sering lagi mengganti oli. Jika Anda sudah mengganti oli secara berkala dan piston motor tetap rusak, bisa jadi kualitas oli yang Anda gunakan tidak baik.

Jangan hanya tergiur pada harga murah. Pastikan Anda memperhatikan kualitas oli yang ditawarkan. Tak masalah jika harus merogoh kocek sedikit lebih dalam. Daripada piston dan komponen lain dalam motor rusak hanya karena oli berkualitas buruk, kerugian yang bakal ditanggung pun akan jauh lebih besar.

Untuk itu, pastikan Anda tidak membeli oli yang berkualitas abal-abal. Pilihlah oli dengan merek dagang yang sudah besar. Sehingga kinerjanya pun terjamin dan komponen dalam motor akan jauh lebih awet.

Mengisi bahan bakar dengan kandungan oktan yang rendah bisa menjadi penyebab piston motor juga cepat rusak. Sayangnya hingga saat ini masih banyak saja pengendara motor yang menyepelekan dan lebih memilih bahan bakar dengan oktan rendah untuk kendaraan kesayangan mereka. Alasan terkuat memilih bahan bakar yang oktannya rendah yaitu harganya yang relatif lebih murah jika dibandingkan dengan yang beroktan tinggi.

Padahal ada banyak keuntungan jika Anda menggunakan bahan bakar beroktan tinggi. Salah satunya yaitu piston motor tetap prima. Hal tersebut bisa terjadi karena residu dan kerak  bisa terjadi di kepala piston yang ditimbulkan dari bahan bakar. Jika hal tersebut terjadi, maka kerja piston menjadi lebih berat, proses pembakaran yang tidak sempurna dan kinerja piston pun menjadi kurang maksimal. Bahan bakar beroktan tinggi dengan timbal yang rendah tentu bisa meminimalkan risiko kerak dan mengoptimalkan hasil pembakaran yang lebih sempurna.

Dan penyebab yang ketiga yaitu adanya tabrakan antara piston dan klep. Sebenarnya hal yang ketiga ini bukan hal yang umum terjadi, tapi mungkin terjadi jika Anda gemar mengutak-atik mesin.  Hal ini terjadi karena piston yang digunakan tidak sesuai dengan spesifikasi aslinya. Misalnya saja piston yang digunakan berbeda dari ukuran yang seharusnya. Maka dari itu sebaiknya jangan sembarangan dalam mengganti piston ini agar bisa menghindari kerusakan pada piston tersebut.

 

comments

`