caption trialgame

Tiga Sebab Blok Mesin Motor Trail Rembes Oli

Friday, 17 April 2020

 

Salah satu masalah yang kerap muncul pada motor trail, khususnya yang berusia tua atau klasik adalah oli yang merembes dari bagian blok mesin dan gearbox. Tentunya apabila dibiarkan atau lambat penanganannya, kandungan pelumasnya habis dan mesin menjadi rusak. Tidak hanya itu saja karena mesinnya terlihat kotor bisa menyebabkan estetika motor trail Anda terlihat kotor. Apa sih yang bikin hal ini bisa terjadi? Ada banyak hal tapi biasanya biang keroknya hanya tiga saja dan kami akan jelaskan pada ulasan di bawah ini ya.

Yang pertama dan yang paling sering terjadi adalah dari seal oli. Seal oli terbuat dari karet karena itu banyak kelemahannya. Seal oli yang sudah kaku hingga retak disebabkan oleh umur pemakaiannya yang telah lewat, bisa menjadi penyebab rembesan oli dari block mesin.

Memasukan oli mesin terlalu banyak juga bisa menjadi pemicu. misalnyaseharusnya 0,8 liter tetapi dimasukan oli sebanyak 1 liter, maka dapat mengakibatkan kerusakan pada seal oli sehingga block mesin akan mengalami kebocoran. Maka dari itu apabila hendak mengganti oli yang baru harus sesuai dengan takaran yang sudah direkomendasikan oleh pabrikan.

Dalam pemasangan seal oli yang kurang benar juga akan dapat menyebabkan kebocoran pada block mesin maka dari itu harus memasangnya dengan rata dan tepat. Untuk menghindari masalah rembes, bisa juga dapat menggunakan lem dan saat memasukan seal oli ke dalam lubang dudukan. Anda harus perhatikan juga seal tidak boleh dalam kondisi penyok, pasalnya apabila penyok maka lingkaran seal olitersebut pun akan berubah.

Yang kedua adalah packing mesin bocor. Rembesan Oli pada blok mesin juga bisa melalui packing mesin motor. Ini disebabkan karena packing memang sudah rusak sehingga membuka celah di antara bagian. Ini biasanya terjadi pada motor-motor trail tua yang sudah memiliki jam terbang tinggi.

Kerusakan packing biasanya karena sudut-sudut sambungan antar komponen luar misalnya penutup gearbox sebelah kanan dan sebelah kiri pada mesin-mesin motor tua sudah tidak presisi lagi. Ini bisa diakibatkan karena hawa panas dari pembakaran yang berlangsung selama tahunan sehingga melunakkan struktur metalnya.

Keadaan tersebut dapat membuat pemasangan packing tidak merata dan mengakibatlkan bocornya oli mesin.Bisa juga karena buka pasang baut pengencang block mesin yang terus menerus berlangsung selam puluhan tahun sehingga ulirny asudah terkikis dan tidak mampu menahan sambungan secara optimal yang mengkibatkan oli merembes keluar.

Yang terakhir dan yang paling parah adalah blok mesin yang retak. Hal seperti ini jarang disadari oleh sejumlah pemilikmotor trail. Nah motor trail yang biasa digunakan melintasi medan offroad rentan pada hal karena biasanya mesin sering terantuk dan terkena benturan keras. Tapi ternyata bukan hanya benturan yang bisa menyebabkan retaknya mesin, pemakaian oli yang tidak sesuai dengan jenis mesin bisa menjadi pemicunya.

Dalam memilih oli, coba lihat tingkat kekentalannya. Sebab, jika oli terlalu kental, mesin akan sulit bergerak hingga performanya akan cenderung menurun. Sementara jika terlalu encer bisa menyebabkan banyak masalah bagi mesin. Efeknya jika oli tak sesuai yang paling dapat membuat kondisi stress engine yang bisa menyebabkan block mesin pecah.

 

comments

`