caption trialgame

Tips Aman Angkut Beban di Atas Motor Trail

Tuesday, 11 August 2020

Tips Aman Angkut Beban di Atas Motor Trail


Bagi Anda yang gemar melakukan touring jarak jauh, sudah pasti  membutuhkan beragam barang-barang bawaan untuk memperlancar kegiatan ini. Perlu diingat ya, bahwa motor trail tidak dirancang untuk membawa beban yang berat, jadi sebaiknya jika memungkina bawa barang seminim mungkin.

 Membawa barang bawaan yang berat dan diikat pada bagian belakang motor trail dalam jangka panjang bisa berpengaruh pada kekuatan sub-frame dan membuat center of gravity pada motor trail  menjadi kacau.

Lanlu apa yang sebaiknya dilakukan? Distribusikan secara merata bawang barang Anda  pada kedua sisi motor trail agar seimbang dan tidaak mengganggu handling motor. Oh iya jangan membawa barang bawaan yang bisa menambah panjang bagian belakang motor.

Bawang baraang harus menempel dengan sempurna pada motor trail dan pastikan tidak mengalami pergerakan ketika kita sedang berkendara dengan motor. Selalu cek tingkat kekencangan tali barang bawaan sesering mungkin untuk memastikannya masih tetap aman berada di atas motor.

Jika Anda menggunakan tas atau panniers box, sebaiknya pilih yang ukurannya pas untuk motor. Jangan menggunakan ukuran yang terlalu besar. Sebaiknya gunakan yang ukuran kecil saja agar tidak membuat lelah sub-frame.  Pastikan lebarnya tidak lebih dari handlebar motor dalam keadaan terpasang. Hal ini dimaksudkan agar kemampuan manuver motor tetap bagus, serta semua komponen kelistrikan seperti lampu-lampu berfungsi dengan baik dan nggak terhalang oleh asesoris tadi.

Jika motor trail Anda menggunakan rak bagasi pada bagian belakang, sebaiknay tidak menempatkan barang yang berat di tempat ini. Rak jenis ini hanya didesain untuk menaruh barang-barang yang ringan. Jika memaksakan menaruh barang berukuran besar dan berat justru berakibat buruk pada handling motor karena  distribusi beban dan aerodinamika motor menjadi berubah.

Yang terakhir dan tidak kalah penting adalah jangan menaruh barang dengan bobot berat di bagian handlebar atau suspensi depan karena bisa mengurangi handling motor. Hal ini akan membuat  pengendalian motor menjadi tidak lincah dan berbahaya terutama ketika berada di medan off road.

Jika dirasa kurang, tapi kami tidak terlalu merekomendasikan sih. Anda bisa menggunakan tas ransel untuk membagi beban. Kami tidak terlalu menganjurkan hal ini karena jika Anda berencan melakukan perjalanan jarak jauh, sudah pasti beban yang ada di pundak akan membuah Anda menjadi cepat lelah. Jika harus membawa ransel, kami sarankan untuk tidak terlalu memberati pundak Anda ya.

 

comments

`