caption trialgame

Tips Aman Ganti Merk Oli Mesin Motor Trail

Monday, 5 February 2024

Tips Aman Ganti Merk Oli Mesin Motor Trail


Melakukan perawatan motor memang harus dilakukan secara rutin sehingga performa motor trail tetap dalam keadaan prima dan memperpanjang umur komponen-komponennya. Setiap  motor trail memiliki perawatan yang berbeda-beda berdasarkan mesin yang digunakan, contohnya mesin yang menggunakan CC kecil pasti berbeda perawatannya dengan motor yang memiliki CC besar.

Perawatan pada sepeda motor sangat beragam, namun salah satu hal yang paling penting adalah merawat mesin motor. Pengendara dapat merawat mesin motor dengan melakukan penggantian oli motor secara rutin.

Ketika mengganti oli motor, biasanya pemilik motor senang mencoba berbagai merek oli yang beredar di pasaran. Memang pilihan oli motor sangat beragam, mulai dari oli keluaran pabrikan hingga aftermarket import.

Sebenarnya sering gonta ganti merek oli mesin  hampir tidak ada efeknya pada mesin dan dapat dibilang aman selama dilakukan dengan cara yang benar, dan menggunakan oli motor yang sesuai dengan jenis motor kita.

Tapi dikarenakan setiap oli memiliki viskositas (kekentalan) dan grade oli yang berbeda-beda, sehingga sebelum mengganti merek oli, Anda harus memastikan telah mengeluarkan keseluruhan oli pada motor, sehingga tidak tercampur oli lama dengan yang baru. Jika Tercampur ada beberapa hal yang mungkin terjadi, apa saja sih? Simak ulasan berikut ya.

Setiap oli dari sudah pasti memiliki formulasi dan bahan tambahan yang berbeda. Menggonta-ganti merek oli secara teratur dapat mengakibatkan kinerja mesin yang tidak konsisten. Hal ini terjadi karena mesin perlu beradaptasi dnegan karakteristik dari oli baru, sehingga dapat memengaruhi performa dari mesin, terutama pada jangka pendek.

Setiap merek oli dirancang untuk memberikan pelumasan optimal untuk mesin tertentu. Gonta ganti merek oli secara teratur bisa mengganggu kemampuan pelumas untuk melindungi dan melumasi semua komponen mesin dengan baik. Hal ini dapat mengakibatkan gesekan yang lebih tinggi dan mempercepat keausan komponen mesin. Oh iya setiap merek oli memiliki spesifikasi dan viskositas yang berbeda. Terlalu sering gonta ganti merek oli bisa membuat Anda kehilangan gambaran tentang kebutuhan oli yang sesuai untuk sepeda motor Anda.

Sebelum Anda mengubah merek oli, sebaiknya konsultasikan dengan teknisi yang berpengalaman. Mereka dapat memberikan saran berdasarkan karakteristik mesin sepeda motor Anda. Kenali Spesifikasi Oli yang Dibutuhkan. Ketahui viskositas dan spesifikasi oli yang direkomendasikan untuk mesin sepeda motor Anda. Pilih merek oli yang sesuai dengan kebutuhan mesin. Jika Anda memutuskan untuk mengganti merek oli, lakukanlah dengan konsisten sesuai dengan jadwal pergantian yang direkomendasikan.

comments

`