caption trialgame

Tips Angkat Performa Motor Trail di Tanjakan

Wednesday, 26 August 2020

Tips Angkat Performa Motor Trail di Tanjakan


Bagi Anda yang gemar trabasan biasanya ada satu yang hal cukup mengganjal jika masih menggunakan motor trail yang belum dimodifikasi, yaitu mesin agak kurang bertenaga ketika menerjang medan menanjak. Apalagi jika tanjakan tersebut terhitung cukup panjang, motor meraung namun tenaganya tidak keluar.

Nah agak bisa melahap tanjakan dengan mudah tanpa perlu mesin ngos-ngosan, maka tenaga atau power mesin pada putaran rendah harus dinaikan. Ada beberapaca cara memang untuk meningkatkan performanya, mulai dari penggantian Karburator, pengapian, hingga menambah kubikasi mesin. Tapi yang paling mudah dan murah adalah melakukan penggantian final gear ratio pada motor trail Anda. Penggantian ini praktis karena tidak perlu mengotak-atik mesin dan tidak memiliki resiko langsung pada mesin motor trail Anda.

Oh iya final gear ratio adalah perbandingan antara ukuran gear depan dengan gear belakang sepeda motor. Biasanya ukuran paling tepat adalah gear dengan ukuran bawaan pabrik, karena sudah disesuaikan dengan kebutuhan secara umum, tetapi tidak jarang orang merubah perbandingan tersebut untuk disesuaikan dengan kebutuhan.

Sebagai contoh, pada motor trail Kawasaki KLX 150, Final gear rationya adalah 3,28 yaitu didapat dari perbandingan gear belakang di bagi gear depan. Ukuran gear depan pada KLX 150 standar yaitu 14T sedangkan belakang 46T sehingga 46/14=3,28. Pada kondisi seperti ini, KLX bisa melaju dengan kecepatan hingga 100kmh di jalan rata tapi agak kepayahan ketika diajak untuk melaju di tanjakan.

Nah Anda bisa mengganti gear depan menjadi ukuran 13T.Penggantian dari ukuran 14T ke 13T merubah perbandingan menjadi 46/13= 3,53. Angka perbandingan ini sama dengan mengganti gear belakang dari 46T ke 50T, tetapi jika mengecilkan gear depan, Anda tidak perlu menggantai rantai karena jika gear belakang diganti lebih besar Anda memerlukan tambahan beberapa mata rantai.

Dan yang perlu di ketahui, semakin besar angka perbandinganya maka semakin besar tenaga dan semakin turun top speednya. Lantas apakah performanya memuaskan? Jika melahap medan tanjakan jelas, tarikan mesin menjadi lebih enteng, dan motor lebih cepat melaju. Tapi jika berada di jalan lurus, makan top speed akan mengalami penurunan serta pada kecepatan tinggi, akan timbul getaran pada stang yang akan mengganggu Anda. Oh iya, penggantian final gear ratio depan ini juga mempermudah Anda untuk melakukan whellie lho, nah buat Anda yang gemar melakuan atraksi rasanya perlu dicoba nih.

 

 

 

comments

`