caption trialgame

Tips Atasi Bodi Motor Trail Berkarat dan Keropos

Sunday, 9 June 2019

Pencegahan terhadap karat dan keropos di area vital motor trail kendaraan Anda, seperti rangka sangat diperlukan. Pasalnya, jika karat dan keropos sudah menyerang akan sangat sulit untuk mengembalikan kondisinya seperti semula.

Lantas apa sih yang bisa Anda lakukan untuk mencegah terjadinya karat? Yang paling utama adalah jangan malas membersihkan dan mencuci motor trail sehabis Anda gunakan berpetualang. Teknik mencucinya pun harus menyeluruh, jangan hanya bagian bodi atas motor trail saja yang Anda bersihkan, tapi bagian kaki-kaki, rangka hingga sela-sela juga harus dijamah.

Selain sering terkena air hujan dan air laut, rangka motor bagian bawah juga sering tertumpuk kotoran Makanya lama-lama rangka motor juga akan keropos. Untuk mencuci kaki-kaki atau bagian bawah motor juga mudah, cuma modal sabun colek. Siapkan sikat gigi atau sikat yang berukuran kecilnya untuk menjangkau tempat-tempat yang sempit. Lalu lakukan secara teliti dan menyeluruh. Namun jika Anda malas, Anda selalu bisa membawanya ke tempat cuci motor. Yang penting adalah jangan lupa mencuci motor.

Lantas apa yang harus dilakukan sih jika motor trail Anda sampai terserang karat hingga keropos. Tentu saja solusi utama adalah menggantinya dengan rangka baru, namun ada solusi alternatif yang bisa menjadi pilihan, yaitu dengan memperbaikinya. Gimana caranya?

Biasanya bagian rangka yang keropos diperiksa dulu, lalu dikerok karatnya sampai habis. Kalau sudah bersih, lubang yang keropos lalu dibuatkan cetak mal-malan dengan kardus. Cetakan sederhana itu kemudian jadi patokan untuk memotong lempengan besi yang digunakan untuk menambal bagian yang keropos. Jika bagian yang keropos tidak terlalu tebal, plat besi 2 milimeter cukup untuk menambalnya namun jika dianggap kurang yakin Anda bisa menggunakan plat besi yang lebih tebal yaitu 5 milimiter.

Setelah tambalan sudah sesuai dengan lubang di rangka motor, baru proses pengelasan dimulai. Agar kelihatan rapih, hasil las-lasan dihaluskan dan dicat sesuai dengan warna rangka.Lalu apakah sasis atau rangka yang ditambal itu tetap rigid dan aman. Mungkin rasanya tidak akan sekuat bawaan asli, namun jika dipakai untuk harian saja rasanya masih kuat. Tapi kami tidak menganjurkan untuk membawa motor trail tersebut berpetualang atau ikut lomba. Bisa-bisa patah saat Anda berpetualang, dan malah bisa membuat celaka.

comments

`