caption trialgame

tips bobok knalpot biar ngga gagal!

Monday, 31 October 2022

Modifikasi Bobok Knalpot Motor Trail


Melakukan modifikasi knalpot adalah salah hal yang biasa dikerjakan untuk meningkatkan performa motor trail Anda. Ada yang menggantinya dengan knalpot after market namun ada pula yang merombak knalpot bawaaan dengan cara memboboknya.

Bobok knalpot adalah istilah yang lazim digunakan untuk modifikasi knalpot standar dengan membuang sekat di dalam silincer. Bobok knalpot bawaan motor punya kelebihan pada suara yang dihasilkan. Saat bobok knalpot bawaan motor, suara knalpot bisa disesuaikan dengan permintaan,"Contohnya pemilik motor bisa pilih mau suara knalpot halus saat langsam dan keras ketika gas ditarik, atau sebaliknya juga bisa. Selain suara, bobok knalpot bawaan motor juga lebih terjangkau ketimbang harus beli knalpot racing.

Tapi adakah perubahan tenaga jika knalpot standar dibobok? Untuk peningkatan tenaga tetap lebih terasa saat menggantinya dengan knalpot racing tentu saja, tapi jika dibandingkan dengan knalpot standar yang tidak dibobok, performnya jelas ada peningkatan. Maklum saja knalpot standar yang sudah dibobok tenaga motor lebih keluar, karena saat pakai knalpot standar yang belum dibobok tenaga motor seperti tertahan. Yang paling terasa adalah pada torsinya jika knalpot sudah dibobok.

Lantas, gimana sih proses bobok knalpot itu? Hal pertama yang dilakukan adalah membuka silincer dengan api las dan gergaji besi.Beberapa komponen di dalam knalpot seperti sekat dan saringan bawaan dibuang. Tahap selanjutnya adalah memasang saringan dengan metode las. Penggunaan saringan knalpot ini yang menentukan karakter suara dari knalpot bobokan. Jika menggunakan saringan yang panjang, suara knalpot akan semakin halus dan ngebas. Sebaliknya, jika saringan pendek maka karakter suara knalpot bobokan cenderung keras,.

Setelah saringan terpasang sempurna, knalpot bobok masuk ke tahap pemasangan glasswool. Hal ini dilakukan untuk membentuk suara knalpot bobokan. Semakin banyak glasswool yang digunakan maka semakin halus suaranya, kalau ditambah sekat bisa membuat suara knalpot bobokan lebih halus lagi.  Terakhir moncong knalpot dipotong dan disambungkan dengan baut L5. Tujuannya supaya knalpot bobokan ini bisa dibongkar pasang saat pergantian glasswool nanti.

comments

`