caption trialgame

Tips Cara Menggempur, Lintasan 100% Lumpur!

Tuesday, 15 March 2022

Tips Cara Menggempur, Lintasan 100% Lumpur!


Belum lama ini, sebuah event motor trail di Toraja, Sulawesi selatan, menjadi viral karena sebagian besar pesertanya terjebaka dalam sebuah trek lumpur. Dengan jumlah peserta mencapai 3000 riders, gak heran sih emang jika lintasan lumpur mustahil untuk dilalui, apalagi saat itu ditambah guyuran hujan yang membuat situasi semakin memanas.

Sebenarnya lumpur adalah kumpulan tanah, debu, dan air. Tapi biasanya ada dua jenis lumpur yang bisa anda temukan yaitu lumpur cair dan lumpur gumpalan. Lumpur cair biasanya terjadi saat hujan deras. Melalui lintasan yang memiliki lumpur seperti ini layaknya mandi di shower dengan air lumpur.

Sementara tipe lumpur gumpalan akan menempel pada tubuh dan motor ada, dan membuat mesin lebih cepat panas serta beban motor menjadi lebih berat. Jenis lumpur seperti ini biasanya terjadi saat lintasan diguyur hujan satu hari sebelumnya. Yang jelas, keduanya akan membuat Anda kesulitan mengendalikan motor trail dan jika tidak memiliki teknik pengendalian yang tepat, akan membuat pengalaman menunggangi motor trail Anda menjadi hal yang tidak menyenangkan.

Lumpur yang tebal dan lengket bisa membuat motor trail kehilangan traksi serta grip yang kemudian berakibat tergelinciryna motor trail. Hal ini biasanya terjadi karena kecepatan motor trail melebihi daya cengkram. Terkadang posisi tubuh yang salah serta penggunaan rem yang berlebihan ikut memberikan andil tergelincirnya Anda ketika melahap lintasan berlumpur.

Lalu apa sih yang bisa dilakukan kalo bertemu dengan lintasan lumpur ? yang pertama adalah jaga momentum.  Momentum adalah teman terbaik Anda untuk dapat melibas lintasan lumpur yang licin. Dan menuruni bukit berlumpur yang licin memerlukan momentum yang tepat untuk melaluinya.  Menurunkan kecepatan akan membuat ban motor trail anda berat diselimuti lumpur, belum lagi penggunaan rem yang berlebih pasti akan menambah siksaan saat melalui medan ini. Cara terbaik adalah dengan membiarkan motor Anda meluncur tanpa menambah kecepatan. Gunakan kopling untuk mengurangi kecepatan motor trail, dan jika perlu lupakan penggunaaan rem depan. Terlalu kuat menarik tuas rem depan dapat berakibat fatal dan menyebabkan Anda terjatuh. Beberapa orang bahkan lebih suka untuk mematikan mesin dan mengontrol kecepatan dengan menggunakan kombinasi kopling, rem belakan serta sedikit rem depan. Cara ini mampu mencegah terjadinya penambahan kecepatan pada motor trail.

Mempertahankan tarikan gas yang stabil adalah kunci utama untuk melalui lintasan licin di medan yang basah. Tarikan gas yang berlebih bisa membuat suspensi motor trail bergerak lebih liar. Tarikan gas perlahan akan membuat motor trail Anda lebih konsistesn serta melaju lurus tanpa takut terjadi slip akibat putaran ban yang berlebih.

Satu-satunya situasi dimana Anda boleh menginjak rem dengan sepenuh hati adalah ketika ingin melakukan pivot putaran di area yang sempit. Injak rem dengan perlahan, pelajari mengkombinasikan rem depan dan belakang. Ingat, menginjak rem dengan keras akan membuat motor trail kehilangan traksi serta membuat roda belakang atau depan kehilangan gigitannya. 

Pandangan dan posisi mata Anda memandang akan menentukan kecepetan dan jalur yang Anda pilih. Selalu posisikan mata ke depan dan memandang jauh, jangan hanya terpaku pada apa yang ada persis di depan motor trail Anda.  Ketika Anda mendekati tikungan, lihat apa yang ada di ujungnya, ketika ada rintangan dan handicap pastikan mata Anda tertuju pada akhir dari rintangan itu, dan ketika mendaki bukit, lempar pandangan Anda pada puncak bukit tersebut.

Nah demikian tips menghadapi lintasan berlumpur ya, tips ini bisa diaplikasikan saat Anda trabasan dengan nyaman, tapi jika terjebak dalam situasi seperti video yang viral itu, tinggal banyak-banyakin sabar ajalah ya.

comments

`