caption trialgame

Tips Darurat Hadapi Tuas Kopling Patah

Sunday, 1 September 2019

Ada sebuah kondisi dimana musibah tidak mungkin dielakan. Hal ini biasa terjadi pada pengendara motor trail yang gemar berpetualang di medang offroad. Salah satu kondisi yang bisa membuat frustasi adalah patahnya tuas kopling saat Anda berpetualang.

Tanpa tuas kopling, otomatis perpindahan gigi menjadi hal yang mustahil bisa dilakukan. Jika hal ini sudah pasti petualangan Anda bakal berakhir dan biasanya solusinya adalah menarik motor trail dengan menggunakan motor lainnya.

Lantas apa yang terjadi jika ternyata tidak ada seorang pun yang bisa dimintai tolong? Jangan khawatir, kami coba jelaskan jalan keluar dari situasi ini. Tapi perlu diingat bahwa tips ini hanya berlaku untuk keadaan paling darurat. Jangan gunakan tips ini jika Anda memiliki alternatif seperti menarik motor trail atau mengganti tuas dengan yang baru.

Pertama-tama tentu saja tenangkan pikiran Anda dan yakinkan diri bahwa semua akan baik-baik saja. Jika Anda familiar dengan medan yang dilalui, pilihlah rute yang kemungkinan berhentinya paling sedikit. Lalu mulai nyalakan motor dengan posisi gigi netral dan dorong motor dengan kecepatan cukup sehingga tidak terjadi kondisi stall.

Untuk masukkan gigi (up shift) cukup tutup gas (throttle) dan masukkan gigi dengan cepat, sebagian motor trail terbaru tidak akan menemui masalah ketika memasukan gigi tanpa menekan kopling jika kecepatannay sudah sesuai.

Sekarang saat turun gigi, segera lakukan Down shift (turun gigi) saat mesin sudah mula terasa tersendat. Hal ini biasanya terjadi karena putaran mesin yang terlalu rendah. Sebagai alternatifnya kasih jeda sebentar throttle atau tutup gas untuk memberi kesempatan transmisi untuk “unload” dan memungkinkanAda untuk naik/turun gigi.

Lantas bagaimana jika kemudian menemui rintangan yang harus membuat motor berhenti? Ya Anda harus kembali mengulang tips ini dari awal untuk bisa kembali menjalankan motor trail. Kembali kami tekankan bahwa tips ini hanya untuk keadaan darurat saja ya. jika masih ada teman yang bisa menarik motor trail Anda lebih baik gunakan opsi ini ya.

comments

`