caption trialgame

Tips Dasar Lakukan Uphill

Monday, 29 July 2019

Uphill atau menaklukan bukit yang memiliki tanjakan curam merupakan salah satu nomor yang sering dilombakan di antara para penggemar motor trail. Kedengarannya mudah, namun jika tidak dilakukan dengan teknik dan timing yang tepat, hasilnya sudah dapat ditebak yaitu pengendara akan terjatuh dan terpental dari motor trail.

Yang jelas, menaklukan lintasan uphill memerlukan sedikit pemahaman dengan ilmu fisika. Anda tidak bisa asal sembarangan menarik gas dalam-dalam dan berharap yang terbaik. Untuk bisa menjadi yang terbaik tentu saja memerlukan latihan dan jam terbang yang banyak. Dan cara pertama untuk melakukannya adalah dengan memahami tips-tips dasar untuk melakukan uphill. Apa saja tipsnya ? simak ulasan berikut ya.

Yang pertama adalah manfaatkan momentum. Jika memungkinkan, hal pertama yang harus dilakukan adalah memacu motor trail dengan kecepatan tinggi. Walapun terkadang sulit, namun Anda harus bisa memanfaatkan ruang sekecil mungkin untuk membangun momentum menambah kecepatan sebelum memutuskan untuk menaiki sebuah bukit.

Setelah itu atur posisi tubuh. Tahap inilah yang membutuhkan sedikit pengetahuan fisika. Jika posisi tubuh tidak tepat, maka kemungkinan besar roda depan anda akan terangkat. Hal ini bisa memperlambat laju Anda atau bahkan membuat Anda terjatuh.

Atur posisi berat tubuh Anda berada di bagian depan motor trail. Berdiri dengan posisi sedikit melewati stang motor lebih baik ketimbang duduk tegak atau duduk dengan posisi seolah menyender. Ilustrasikan diri Anda seolah sedang mengayuh sepeda saat menaiki sebuah tanjakan untuk mendapat posisi yang tepat.

Kemudian bersiap untuk memindahkan gigi. Jika Anda tidak memberikan tarikan gas yang sempurna saat memindahkan gigi di waktu yang tepat, kemungkinan besar Anda akan gagal untuk menaklukan bukit. Mengatur perpindahan gigi adalah hal yang krusial untuk menguasai teknik ini. Perpaduan dari perpindahan gigi, gas motor dan rem adalah satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan.

Kami sudah sebutkan bahwa menarik gas dalam-dalam tidak akan menyelesaikan masalah, oleh karena itu atur tarikan gas motor trail Anda. Kurangnya tarikan gas bisa membuat anda melewatkan momentum yang sudah terbangun dan tarikan gas yang berlebih bisa membuat Anda tergelincir. Jadi gunakan tarikan gas dengan bijaksana ya.

Dan yang terakhir adalah menjaga pandangan. Respon natural penglihatan Anda adalah fokus pada bagian depan motor trail anda. Jangan lakukan itu. Menatap tanah yang berada di depan anda bisa berbahaya. Anda tidak akan melihat halangan apa yang ada di lintasan. Pastikan Anda tetap menatap bagian depan lintasan bukit sehingga bisa mengatur strategi selanjutnya untuk melahap bukit yang menjulang di depan Anda.

comments

`