caption trialgame

Tips Ganti Piston Motor Trail Special Engine 2–Tak

Tuesday, 5 March 2019

     Berbeda dengan motor trail lainnya, piston atau seher motor trail jenis Spesial Engine (SE) ternyata harus diganti setiap pemakaian 50 jam. Usia yang terhitung sangat pendek ya, apalagi jika dibandingkan dengan motor-motor yang di produksi massal.

     Maklum saja, motor trail special engin memang diperuntukan untuk medan berat, jalanan off-road, sehingga putaran mesinnya juga selalu tinggi. Nah untuk itulah makanya setiap 50 jam berpetualang, sangat dianjurkan bagi motor trail SE untuk mengganti seher dan ring sehernya.

     Pada beberapa motor trail sudah dilengkapi dengan indikator untuk mengukur lama penggunaan motor trail SE, biasanya disebut dengan istilah engine hour. Jadi setiap mesin motor trail SE menyala, maka Engine Hour akan mulai menghitung. Engine Hour biasanya akan menghitung aliran listrik yang masuk dari koil.

     Nah lantas untuk penggantian piston atau seher tadi ternyata ada triknya lo, agar penggantian tidak memakan waktu lama. Trik ini bertujuan agar  piston awet, tidak baret dan memangkas waktu adaptasi piston. Caranya cukup mudah lho dan Anda hanya perlu menyediakan ampelas ukuran 2000 yang bisa dibeli di toko material terdekat.

     Lalu ampelas bagian dinding piston dengan tidak terlalu ditekan atau sedikit mengambang. Pengampelasan dilakukan agar ukuran dinding di piston sedikit berkurang.Karena kalau sudah di dalam mesin, piston akan memuai maksimal dan rapat dengan dinding liner.Kalau tidak dilakukan pengampelasan, biasany piston memerlukan waktu adaptasi yang cukup lama untuk bisa merasakan enak kembali.

     Nah jika piston diamplas maka waktu adaptasinya tidak terlalu, paling kurang lebih mengahabiskan lima liter bensin, kinerjanya sudah optimal kembali dan Anda bisa segera menyetting sesuai dengan keinginan.  Setelah itu semua bagian dibersihkan dengan menyiramkan bensin, lalu lakukan proses pemasangan piston ke blok seher.Jangan lupa untuk melumuri piston dan dinding liner dengan oli samping agar menghindari baret tipis.

comments

`