caption trialgame

Tips Ganti Tuas Kopling dan Rem Motor Trail

Monday, 25 March 2019

     Tuas kopling dan tuas rem menjadi komponen yang paling sering diganti oleh para pemiliki motor trial. Umumnya penggantian ini dilakukan karena tuas aslinya rusak atau bengkok akibat jatuh saat sedang berpetualang .

     Banyak pilihan tuas kopling dan rem after market di pasaran, mulai dari yang kualitas rendah, hingga yang kualitasnya setingkat tuas kopling di ajang balap motor.Lalu bagaimana dampaknya jika tuas  tersebut digunakan pada motor trail Anda?

     Pada dasarnya tidak terdapat dampak yang signifikan jika menggunakan tuas-tuas tadi.  Hanya saja, kualitas pembuatan dari masing-masing tuas variasi dikhawatirkan lebih rendah dari standar pabrikan. Sehingga ada kemungkinan rentan patah jika terjadi benturan. Nah, ini yang justru menghilangkan unsur safety. Oh iya biasanya tuas after market terasa lebih ringan karena pegangannya lebih besar dari yang standar.

     Jika memang tetap ingin menggunakan tuas variasi, sebaiknya pilihlah produk yang memang sudah terjamin kualitasnya. Atau jika dirasa sudah cocok dengan bawaan pabrik, ada baiknya untuk membeli yang sesuai dengan merk motor trail Anda. Maklum saja biasanya  pabrik komponen resmi, sudah memiliki standar khusus agar unsur keselamatan tetap terjaga. Jadi jauh lebih aman dan bahannya lebih kuat.

     Nah ada beberapa tuas after market juga yang memang dikhususkan untuk para penggila offroad dengan desain fleksibel yang mendukung safety saat adventure keluar-masuk hutan bersama motor trail kesayangan. Fleksibel artinya, tuasnya fleksibel bisa bergerak maju, bahkan di beberapa merek dapat bergerak ke atas-bawah.

     Desain fleksibel seperti ini dibuat untuk meminimalisir tuas patah atau bengkok saat terjatuh ketika adventure.  Asyiknya, sekarang banyak pilihan tuas  aftermarket seperti ini dengan berbagai desain dan warna yang bisa disesuakan dengan warna motor trail Anda. Nah jadi semakin banyak pilihan bukan? 

comments

`