caption trialgame

Tips Hemat Bahan Bakar Motor Trail!

Wednesday, 7 July 2021

Tips Hemat Bahan Bakar Motor Trail!


Bagi Anda yang menggunakan motor trail untuk kegiatan harian, pengeluaran untuk uang bensin tentu sudah menjadi pengeluaran yang sangat wajib dianggarkan tiap bulannya. Tak jarang, uang bensin bisa menguras hampir separuh dari penghasilan Anda. Tapi tahukah Anda bahwa borosnya bahan bakar motor itu bisa disebabkan oleh prilaku pemiliknya? Gak percaya? simak nih penjelasan beberapa hal yang bisa Anda lakukan agar konsumsi bahan bakar motor Anda lebih irit.

Yang pertama adalah berkendaralah sewajarnya. Memacu motor trail atau supermoto Anda di jalanan yang sepi memang mengasyikan. Apalagi di tengah kondisi pandemi seperti ini, hampir setiap ruas jalan terhitung lenggang. Padahal, cara berkendara yang berlebihan seperti ini bisa membuat bahan bakar motor menjadi lebih boros dibandingkan dengan penggunaan yang biasanya.Cara berkendara yang tepat adalah dengan berkendara dengan kecepatan yang santai namun konsisten. Kondisi ini selain membuat lebih irit bensin namun juga lebih aman untuk keselamatan.

Kemudian periksalah secara berkala tekanan udara ban motor Anda. Tekanan angin ban yang sedikit dan membuat ban lunak akan mengakibatkan tarikan motor lebih berat dari biasanya. Hal ini dikarenakan semakin lunak ban maka jalannya motor akan semakin lambat. Meskipun mesin sudah menarik layaknya kecepatan 60 km/jam, bisa jadi motor Anda hanya berjalan 40 km/jam karena tekanan angin ban yang ada di bawah normal. Untuk itu, sebelum berkendara pastikan tekanan ban berada dalam tekanan yang normal.

Oh iya jangan lupa cek busi motor secara berkala.. Kondisi busi yang sudah tidak layak bisa menjadi penyebab proses pembakaran bensin yang tidak maksimal. Proses pembakaran yang tidak maksimal ini akan berakibat pada jumlah bahan bakar yang digunakan semakin banyak. Selain itu, kondisi busi yang tidak normal bisa membuat mesin motor menjadi rusak juga. Maka dari itu, pastikan selalu mengecek kondisi busi secara rutin untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Pelumas yang berfungsi sebagai pencegah gesekan antarkomponen di dalam mesin perlu diperhatikan kualitasnya. Anda harus memilih oli yang memang sesuai dengan spesifikasi motor. Pemilihan oli yang salah dapat berdampak buruk terhadap mesin motor, seperti terjadinya gesekan dalam mesin yang terlalu sering. Gesekan mesin yang semakin sering ini akan membutuhkan banyak tenaga untuk menggerakkannya. Hal ini akan berakibat pada semakin banyak jumlah bahan bakar yang digunakan.

Dan yang terakhir adalah akukan servis secara berkala pada motor Anda Hal ini bertujuan untuk mengetahui kondisi mesin dan performa motor. Kondisi filter dan karburator yang kotor juga bisa menjadi salah satu alasan mengapa motor Anda selama ini menghabiskan banyak bahan bakar. Atau mungkin perangkat lain yang memang perlu diganti juga perlu diperhatikan agar tidak semakin banyak uang bensin yang Anda keluarkan.

 

comments

`