caption trialgame

Tips Hilangkan Suara Rem Mendecit

Wednesday, 6 July 2022

Tips Hilangkan Suara Rem Mendecit


Mengganti kampas rem pada motor trail adalah hal yang lumrah. Hal ini harus rutin dilakukan agar performa motor trail tetap prima. Namun ada kalanya pasca penggantian kampas rem, timbul bunyi berdecit yang mengganggu saat rem digunakan. Biasanya Anda akan disarankan untuk mencoba mencuci motor dengan menggunakan mesin steam serta membersihkan kaliper dan kampas rem. Jika trik ini berhasil tentu tidak akan menjadi masalah, tapi ada juga yang sudah melakukan hal-hal tadi namun suara mendecit tetap ada. Padahal sebelum mengganti dengan kampas rem yang baru, tidak pernah mengeluarkan suara tadi.

Jangan khawatir kami akan coba berikan solusinya ya. Seperti sudah disebutkan tadi langkah pertama adalah mencuci motor sampai bersih. Lakukan proses pencucian di tempat cucian steam yang memiliki semprotan bertekanan tinggi untuk membersihkan kotoran pada bagian cakram rem.

Kemudian Siapkan bahan, yaitu Amplas (yang sedang saja, jangan terlalu kasar dan terlalu lembut). siapkan juga air, lap atau kanebo. Setelah itu, dalam keadaan kering. Gosok Cakram Rem bagian depan dan belakang tepat bagian pangkal. Biasanya disana terdapat perbedaan ketinggian antara bekas gesekan rem dan bagian yang tidak terkena gesekan yang disebabkan oleh kampas rem sebelumnya

Gosok juga bagian Belakang Cakram secara perlahan dan lakukan pada setiap sudut pangkal hingga kotoran dan perbedaan ketinggian hilang. Setelah itu, siram dengan air pada bagian cakram dan kaliper.

Kemudian amplas lagi hingga cakram bersih dan terlihat mulus. Sekarang coba anda bersihkan menggunakan lap atau kanebo dan coba putar roda.  Apakah bunyi sudah hilang?

Jika sudah berarti masalah sudah teratasi. Namun, jika bunyi decitan masih ada. Bisa jadi motor trail Anda memiliki masalah lain misalnya cakram Rem bengkok karena pernah rem mendadak dengan keras atau karena lupa membuka gembok pengaman. Nah, untuk mengecek apakah cakram bengkok atau tidak, coba nyalakan motor dan masukan gigi. Lihat dari belakang secara teliti apakah piringan cakram bengkok atau tidak. Selain itu bisa dilihat dari pergerakan kaliper, jika kaliper bergerak terlalu kasar maka cakram anda dipastikan bengkok dan harus di ganti atau di press.

Kampas rem terlalu mepet dan permukaanya tidak rata juga bisa menjadi penyebabnya lho dan yang terakhir adalah piston rem ada yang mati sehingga penekanan kampas ke cakram tidak merata. Jika demikian memang tidak ada cara lain selain membawa ke bengkel kepercayaan Anda dan menggantinya satu set dengan yang baru.

 

comments

`