caption trialgame

Tips Jaga Visor Helm Tetap Bening!

Friday, 27 August 2021

Tips Jaga Visor Helm Tetap Bening!


Untuk Anda pengguna motor trail dual sport harian, tentu memiliki helm kesayangan yang biasa digunakan sehari-hari. Biasanya helm harian berbeda dengan helm yang digunakan untuk trabasan atau touring karena helm harian biasanya memiliki visor atau kaca pelindung. Nah Kaca helm merupakan salah satu bagian terpenting dari helm. Saat kaca helm buram atau kotor, tentu daya pandang Anda pun akan berkurang hingga berisiko menyebabkan detail jalanan tidak terlihat jelas dan berisiko tinggi menyebabkan kecelakaan.

Ada banyak hal yang bisa menyebabkan kaca helm menjadi buram, salah satunya karena faktor perawatan yang kurang maksimal. Lalu apa saja sih yang bisa dilakukan agar kaca helm agar tetap bersih dan tidak menghalangi pandangan Anda selama berkendara ? tentu saja adalah dengan membersihkannya secara berkala ya.

Lap kaca helm secara berkala dengan menggunakan kain halus. Jika terlihat ada kotoran, bersihkan dulu kotoran tersebut menggunakan hand sanitizer, sabun pencuci piring atau kalau ada sebaiknya gunakan sabun pencuci khusus kaca helm.

Cara membersihkannya juga mudah kok, yang pertama tentu saja lepaskan kaca helm dari helmnya Langkah ini bisa diskip oleh banyak orang. Kemudian  basahi kaca helm, dan cuci bersih dengan menggunakan sabun hingga bersih. Ingat, gunakan sabun dan sponge lembut agar kaca bersih maksimal. Bilas kaca dengan air dan keringkan dengan lap chamois (kanebo). Terkahir, gunakan krim pembersih kaca secara merata, kemudian lap hingga bersih dengan menggunakan lap lembut.

Untuk perawatan harian, Anda bisa menggunakan cairan khusus pembersih kaca. Cara membersihkannya sama seperti ketika Anda membersihkan kaca di rumah. Tapi ingat, pastikan dulu kaca helm tidak ditempeli debu kasar (pasir) untuk menghindari risiko tergores. Nah untuk menjaga kualitas kaca helm tetap bening, ada beberapa perlakukan khusus yang harus Anda lakukan misalnya lap kaca helm sebelum digunakan, simpan helm di tempat yang aman atau jauh dari benda-benda yang berisiko menggoresnya, simpan helm dalam sarung khusus jika ingin disimpan dalam waktu lama, simpan helm di tempat penitipan helm saat Anda akan memarkirkan sepeda motor di tempat umum, seperti parkiran mall dan lainnya.

Oh iya usahakan helm agar tidak terlalu sering terkena paparan sinar matahari. Pasalnya, sinar matahari bisa menyebabkan kaca helm cepat buram. Dan jika sudah tergores atau kaca sudah buram karena usia pakaian yang terlalu lama (rata-rata 3-5 tahun), segera ganti dengan kaca helm yang baru agar pandangan Anda tidak terganggu ya.

comments

`