caption trialgame

Tips Memilih Raiser Stang Motor Trail

Friday, 8 March 2019

Stang merupakan pusat kendali dari sebuah sepeda motor dan juga untuk menentukan arah motor mau lurus atau hendak berbelok ke kanan maupun ke kiri. Stang diletakan disebuah tempat yang bernama raiser stang yang gunanya untuk meneruskan gaya dari stang. Biasanya raiser stang sudah didesain khusus dari pabrikan.

Raiser stang sudah didesain khusus menurut tingkat kenyaman berkendara dilihat dari tinggi raiser itu sendiri, bahan yang digunakan agar tahan lama dan kuat saat dipakai serta tidak goyang saat dipakai. Namun, raiser dari pabrik banyak diganti oleh user dengan berbagai alasan salah satunya karena posisi stang terlalu rendah atau maju maka diganti dengan raiser yang tinggi atau miring agar bisa lebih tinggi ataupun mundur.

Nah setelah pada tulisan lalu kita mengulas mengenai fungsi raiser kali ini kami akan berbagi tips untuk memilih raiser yang nyaman dipakai. Jadi simak bersama ya.

Raiser stang sendiri sebagian besar dibagi dua jenis yaitu peninggi stang dan untuk memundurkan stang. Pastikan dulu hendak yang memilih jenis mana dan perhatikan juga sudut kemudi setelah menggunakan raiser apakah mentok tangki atau tidak. Pilih tinggi yang ideal dan dipastikan nyaman untuk dikendarai

Perhatikan juga kabel motor dari kabel gas, kopling/rem, selang rem dll apakah sampai atau harus mengganti yang lebih panjang.Hal ini dilakukan untuk mengantisispasi agar gas tidak tertarik saat belok ke kiri dan kopling tidak menjadi jauh atau dekat sendiri. Kalau memang kurang panjang berarti Anda harus mengganti dengan yang memiliki panjang yang sesuai.

Pilihan bahan dasar yang tepat dan sesuai kebutuhan jika hanya digunakan untuk harian dan jalan bagus pilih saja yang kualitas standar ,namun jika untuk off-road seperti cross pilihlah bahan yang bagus agar aman dipakai. Pemilihan bahan dasar yang bagus juga dapat menghindarkan kita dari raiser stang pecah,bahan yang bagus biasanya besi COR.

Pemilihan diameter juga penting agar tidak terlalu sempit dan longgar jika gunakan pada stang namun biasanya rasier yang ada dipasaran sudah ada yang khusus untuk jenis motor apa hingga merk apa yang bisa mengaplikasikannya.

Oh iya ada satu hal sepele tapi kadang membuat harus mengeluarkan biaya tambahan untuk memasang si-raiser stang, baut pada pengikat di segitiga/di raiser standar dan juga baut pada penutup raiser mapun barclamp. Pastikan ukuran baut mudah didapatkan dan sesuai dengan ukuran bawaan, karena jika tidak pas Anda harus membubut motor trail. repot kan jadinya?

comments

`