caption trialgame

Tips Memotong Rantai Motor Trail Kendur

Tuesday, 28 January 2020

 

Rantai adalah komponen penting bagi motor trail Anda. Suatu saat Anda pasti akan perlu untuk mengganti rantai motor trail Anda. Idealnya saat penggantian rantai, maka diperlukan juga penggantian gear set, tapi tidak harus demikian juga sih.Bisa lihat keausan gir dulu. Ciri gir yang telah aus, mata rantai telah tajam ini.

Nah kodrat motor trail adalah melintasi beragam jalan tanah dan berdebu, semakin sering melewati medan seperti ini, rantai harus sering dibersihkan. Sebab, jika tidak akan mempercepat keausan. Debu bercampur oli ini akan bersifat abrasif. ?Setelah dibersihkan solar, lumasi pakai oli gardan yang punya kekentalan SAE 80 atau 90.

Jangan lupa untuk menyetel kembali rantai motor yang sudah kendor, biasanya jalanan berlubang serta medan berbatu akan membuat rantai cepat kendor. Lalu bagaimana jika stelannya sudah habis, atau tidak bisa dikencangkan lagi...? Sebenarnya sangat mudah untuk mengatasinya, caranya diganti dengan yang baru, maka masalahnya selesai. Cuma kalo kondisinya, pas lagi bokek, kantong kering alias dompet lagi kosong, maka masalah rantai kendor tidak jadi selesai sampai disini, itu artinya harus mencari solusi yang lain. Apalagi jika ternyata mata gear nya masih dalam kondisi prima.

Lalu bagaimana solusi untuk mengatasinya? Untuk mengatasinya tentu Anda harus memotong atau mengurangi rantai tersebut agar ukuranya menjadi pas, sehingga dapat disetel seperti sedia kala. Rantai yang sudah kendor dan tidak bisa disetel ulang, memang harus diganti dengan rantai baru atau dilakukan pemotongan pada rantai tersebut, agar tidak menimbulkan kerusakan lainnya.

Jika rantai sudah kendor dan dibiarkan begitu saja tanpa ditangani, otomatis akan mudah lepas dan bisa merusak bagian motor lainnya, salah satu bagian yang sering mengalami kerusakan dikarenakan rantai kendor adalah standart tengahnya, dan rantai itu sendiri.

Lantas bagaiman sih cara memotong rantai? Sebelumnya persiapkan dulu alat-alat yang diperlukan ya. Kunci Ring, Pas, Kunci T, Obeng, Tang, Palu dan Paku, Bekas Laker Roda, Balok Kayu, Rantai Rantai. Nah setelah semuanya tersedia baru kita bersiap memotong rantai.

Untuk memotong rantai sepeda motor secara sederhana, langkah-langkah yang dilakukan sangatlah mudah. Yang pertama adalah cari bagian sambungannya, kemudian buka sambungan tersebut menggunakan tang dan ambil pen penahannya. Ambil dan keluarkan rantai dari sepeda motor untuk dipotong.

Apabila rantai sudah dikeluarkan dari motor, langkah berikutnya adalah melakukan pemotongan. Pertama-tama tentutkan terlebih dahulu seperapa panjang bagian rantai yang akan di potong. Kemudian letakan rantai diatas laker roda, keluarkan pen rantai menggunakan paku dan palu.

Jika proses pemotongan sudah selesai, segera pasang kembali rantai tersebut pada sepeda motornya. Kendorkan mur dan baut as roda menggunakan kunci ring, jangan lupa kendorkan juga setelan rantainya. Pasang kembali sambungan rantainya, sekalian penahan sambungan menggunakan tang.

Langkah selanjutnya pasang kembali rantai pada gir belakang, kemudian setel kekencangannya. Jika sudah menemukan setelan yang pas, kencangkan kembali mur dan as roda motor trail anda. kendati tidak ideal, cara ini adalah alternatif sederhana untuk mengakali rantai motor trail Anda yang kendur. Namun jika memang memiliki dana, sebaiknya ganti saja dengan yang baru ya.

 

comments

`