caption trialgame

Tips Mengganti Plat Kopling Motor Trail

Monday, 23 December 2019

Plat koplingberfungsi sebagai pemindah daya motor berkopling manual seperti pada motor trail kesayangan Anda. Kondisi part yang berada di rumah kopling dijepit kanvas dan terendam oli membuatnya sulit dipantau kondisinya.

Plat kopling adalah penghubung antara rasio dan putaran kruk as. Letaknya selang seling dengan kampas kopling. Misalnya kampas kopling 5 lembar, maka plat kopling 4 lembar. Kemudian plat kopling terhubung dengan kaki 5 (hub, clutch sleeve) dan kampas kopling terhubung dengan rumah kopling.

Ketika tuas kopling ditekan, maka plat kopling dan rasio berhenti meneruskan daya, sedangkan kampas kopling dan rumah kopling berputar mengikuti putaran mesin karena terhubung langsung ke kruk as. Karena itu, fungsi plat kopling harus tahan gesekan kampas kopling dan tidak selip

Saat ini ada 2 pilihan plat gesek yaitu standar OEM dan aftermarket (kompetisi), keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.Plat kopling standar biasanya rata, tidak ber tekstur. Dengan material baja yang sangat jarang terkikis, namun bila ada masalah pada bagian kopling misalnya kurang oli, penyetelan kopling yang terlalu jauh, daging kampas kopling tipis/keras, plat ini bisa melenting yang mengakibatkan proses oper gigi menjadi keras.

Adapun kelebihan yang dimiliki oleh part standar yaitu, memiliki tekstur bintik-bintik yang terpola dengan baik. Bagian tersebut untuk menyimpan oli, bagus untuk pembuangan panas. Karena bertekstur, memberikan daya cengkraman yang lebih baik kepada kampas kopling. Efeknya tenaga mesin tersalurkan lebih baik serta gejala slip bisa berkurang.

Jadi kurang lebih plat kopling itu seperti piringan cakram, dan kampas kopling adalah kampas rem. Dimana piringan cakram tentunya akan lebih awet daripada kampas rem. Dipasaran banyak didapat pilihan bahan plat gesek, ada yang non ori hingga aftermarket seperti berbahan almunium.

Material aluminium dipercaya paling cepat melepas hawa panas, tapi sayangnya efek awet gak bisa didapat dari aluminium karena bahan lebih empuk daripada kampas kopling.

Cara mudah untuk membandingkan plat gesek orisinil dengan aftermarket, sangat mudah. Gunakan obeng plus yang memiliki magnet pada bagian ujungnya. Letakkan pada plat gesek,yang asli akan mudah menempel pada magnet. Sebaliknya plat berbahan aluminium tidak akan melekat pada magnet sama sekali. Nah jadi jangan salah pilih ya.

comments

`