caption trialgame

Tips Merawat Ban Motor Trail

Friday, 10 April 2020

 

Ban motor trail memiliki fungsi vital, dan tanpa perawatan yang baik maka komponen ini akan lebih cepat rusak. Ayo mengaku, banyak dari pemilik motor trail yang kerap tidak memperhatikan kondisi bannya dan hanya menunggu ketika bocor lalu mengganti dengan yang baru atau hanya sekedar menambalnya saja.Tanpa perawatan yang baik, ban motor bisa cepat rusak. Jadi, sangat penting untuk menjaga kondisi ban motor sehingga tetap awet dan tahan lama. Lantas adakah tips agar ban bisa awet dan tahan lama? Ada dong makanya simak ulasan berikut ya.

Yang pertama adalah bersihkan kotoran dan batu yang tersellip di sela-sela ban motor Anda karena bisa merobek ban kendaraan Anda. Kemudian Periksalah tekanan udara ban karena tekanan angin di dalam ban bisa mempengaruhi keseimbangan motor kamu. Jadi kamu perlu mengecek tekanan ban yang pas biar motor kamu tetap nyaman dipakai. Cek tekanan angin minimal seminggu sekali, biar ban motor kamu tetap awet. Apalagi jika motor trail Anda adalah motor trail dual sport yang sering digunakan untuk kegiatan harian.

Hindarilah, memarkir motor di tempat terbuka karena ban sepeda motor Anda dapat terkena sinar matahari secara langsung. Hal itu dapat menyebabkan ban semakin keras karena material bahan dasarnya berubah. Ban yang mengeras lebih gampang untuk rusak, retak, atau bahkan robek.Periksalah, apakah ban sepeda motor Anda sudah sesuai dengan ukurang pelek yang terpasang.

Oh iya jika Anda sudah berkali-kali menambal pada ban yang sama, sebaiknya Anda menggantinya dengan yang baru.Jangan melebihi beban maksimum karena dapat membuat tekanan ban menjadi lebih besar dan merusak shock Motor anda. Jangan lupa juga untuk cek kondisi bearing ban motor. Jika terjadi goyangan pada leher ban maka Anda harus segera perbaiki sehingga tidak membuat ban menjadi lebih tipis.

Periksa kondisi pentil ban karena pentil ban yang rusak bisa bikin angin di dalam ban motor keluar dan ban menjadi gampang kempes. Cek kondisi pentil ban pun tidak susah, Anda cukup meneteskan air di pentil ban, kalau jadi gelembung berarti pentil ban motor kamu bocor. Nah mumpung masih banyak waktu di rumah, saatnya cek kondisi ban motor trail Anda yuk.

comments

`