caption trialgame

Tips merawat Lensa Goggles

Tuesday, 3 September 2019

Goggles atau kacamata pelindung berfungsi untuk melindungi mata Anda dari beragam serangan benda asing yang sering ditemui saat mengendarai motor trail. Debu, pasir, serangga, batu kerikil, batang dan pohon adalah hal-hal yang paling sering Anda temui saat melintasi medan offroad.

Layaknya benda yang memiliki lensa, goggles juga rentan terhadap kerusakan. Baret menjadi musuh yang paling sering ditemui pada benda ini. Maklum saja benturan dengan beragam benda asing pasti seiring dilakoninya. Baret-baret tipis pada bagian luar lensa goggles sudah lumrah namun usahakan pada bagian dalam untuk selalu dalam kondisi prima.

Untuk itu kami sarankan untuk tidak menggosok bagian dalam lensa. Gunakan jari, handuk atau benda lain untuk membersihkan lensa atau menghilangkan fogging. Menggosok bagian dalam lensa goggles dengan keras akan menyebabkan terjadinya kerusakan, goresan bahkan hingga menghilangkan lapisan anti foggingnya yang terletak pada bagian dalamnya.

Untuk membersihkan lensa baik itu bagian luar atau dalam kami sarankan untuk menggunakan cairan khusus yang biasanya digunakan untuk membersihkan kacamata. Bilas dulu lensa dengan air mengalir. Apabila tidak ada sumber air bersih, semprotkan cairan pembersih kacamata dengan jumlah yang lebih banyak. Tujuannya agar debu-debu yang menempel dapat terbilas. Guncang-guncang ringan goggles Anda untuk mengeringkan air dan periksa kebersihan lensa. Keringkan dengan kain katun atau dapat juga menggunakan kain mikrofiber dan jangan lupa untuk membersihkan kain mikrofiber Anda secara berkala agar debu yang menempel pada kain tidak menggores lensa goggles Anda.

Jika kacamata goggle Anda terkena cipratan lumpur atau kotoran lainnya, segera membilasnya dengan air dingin dan bersihkan segala kotorannya. Kami sarankan jangan menggunakan air panas, karena material yang digunakan oleh perlengkapan ini tidak dirancang untuk menahan panas. Jika menggunakan air panas biasanya akan terjadi kerusakan pada klip tali dan lensa goggle.

Setelah Anda membilas kacamata goggle Anda, hal terbaik untuk dilakukan adalah biarkan kering dengan sendirinya. Jangan letakan goggle tersebut di dalam kantong/tas yang basah atau dibungkus dengan handuk. Hal ini akan menyebabkan bakteri dan jamur untuk berkembang biak dan dapat menyebabkan kerusakan pada kacamata. Oh iya, Jangan pernah membiarkan kacamata goggle Anda terjemur di bawah sinar matahari karena dapat mengakibatkan tali, klip dan frame lensa kacamata goggle anda akan mengering dan mudah patah.

Image credit : brakemagazine.com

comments

`