caption trialgame

Tips Mudah Hindari Lelah Saat Touring!

Wednesday, 26 May 2021

Tips Hindari Lelah Saat Touring


Bagi Anda yang gemar membawa supermoto Anda touring keluar kota pasti sering mengalami efek lelah. Maklum saja perjalanan jauh memang menguras tenaga, apalagi jika ternyata posisi berkendara Anda ternyata salah, dan hal ini yang bisa membuat efek lelah lebih cepat terjadi.

Kelelahan saat berkendara akan menurunkan tingkat konsentrasi pengendara dan bisa menyebabkan terjadinya kecelakaan. Pastikan saat melakukan touring, tubuh dalam keadaan fit, hal ini bertujuan agar perjalanan bisa lebih nyaman. Kemudian pahami batas kemampuan badan, dan juga posisi berkendara ya.  Nah oleh karena itu ada baiknya Anda memahami beberapa postur berkendara yang tepat untuk keamanan dan kenyaman saat berkendara untuk menghindari terjadinya efek kelelahan. Apa saja sih yang harus diperhatikan ? simak ulasannya ya.

Yang pertama adalah mata. Mata menjadi indra paling penting ketika berkendara.  Anda harus memiliki visibilitas mata yang jauh agar pengendara bisa memiliki jarak pandang yang luas. Biasanya kondisi jalan keluar kota yang lurus dan sepi akan membuat mata menjadi mudah lelah, apalagi saat perpindahan dari pagi ke siang. Antisipasinya dengan membuka visor beberapa saat supaya dapat asupan angin, kemudian tutup kembali.

Setelah itu perhatikan juga posisi pundak. Posisikan pundak Anda dalam kondisi se-rileks mungkin. Terlalu tegang akan membuat anggota tubuh lain sulit dikendalikan. Efeknya akan mudah pegal dan lelah. Ini sangat berpengaruh, ketika pundak terlalu tegang posisi tangan untuk meng-handle setang juga akan berpengaruh.

Oh iya hindari posisi siku yang lurus saat berkendara. Tekuk siku membentuk sudut  120 derajat untuk untuk meminimalisir rasa lelah saat berkendara. Selain itu, posisi siku yang menekuk juga untuk menahan getaran yang dari roda depan ketika jalan rusak atau bergelombang.

Tangan punya peran penting untuk mengontrol tuas gas dan setang sepeda motor. Tangan Anda wajib menggenggam penuh grip gas dan setang.Jangan tuas jari menempel pada tuas rem depan atau genggaman tangan pada grip gas terbalik. Ini perilaku yang sering ditunjukan ketika pengendara merasa lelah.

Agar berkendara tetap nyaman dan aman pastikan posisi pinggul pada jok motor tepat. Jok motor biasanya terbagi menjadi 2 bagian, ke atas dan sedikit ke bawah. Untuk pengendara adalah posisi yang sedikit turun, jangan duduk terlalu belakang, miring kanan, dan kiri. Nah jika Anda menerapkan tips di atas, rasanya efek lelah bakal bisa diminimalisir tapi jika memang lelah sudah tidak tertahankan, alangkah lebih baiknya untuk berhenti sebentar untuk beristirahat daripada membahayakan dengan memaksakan diri. 

comments

`