caption trialgame

Tips Nyalakan Motor Trail Pasca PSBB

Thursday, 18 June 2020

Tips Nyalakan Motor Trail Pasca PSBB


Pandemi Covid19 memang belum usai, namun penghapusan beberapa larangan serta berlakunya hidup new normal membuat Anda berkesempatan untuk bisa memacu kembali motor trail Anda. Eits tapi jangan langsung ngebet tancap gas ya. Ingat, sejak dilakukan masa PSBB pada medio Maret lalu, hampir 3 bulan berarti motor trail Anda diam di dalam garasi.

Menyimpan motor dalam durasi yang cukup lama, terhitung cukup rentan mengalami kerusakan. Apalagi jika Anda lalai dan malas dalam melakukan perawatan, maka dari itu disarankan untuk menghidupkan mesin motor sesekali selama masa penyimpanan. Nah salah satu keluhan yang biasanya muncul karena penyimpanan terlalu lama adalah karat pada komponen mesin. Jika hal ini terjadi biasanya akan ada sedikit kesulitan saat ingin menyalakan kembali motor trail Anda.

Untuk menghidupkan mesin motor yang lama tidak dipakai, memerlukan perlakukan khusus.Hal tersebut penting untuk diperhatikan, agar kerusakan pada komponen mesin akibat kurang pelumasan bisa dihindari atau paling tidak diminimalisir.

Contohnya, jika motor disimpan lebih dari satu bulan, oli mesin biasanya akan mengendap di bak penampungan.Sementara ketika mesin dihidupkan, komponen mesin di bagian atas butuh pelumasan yang tidak sedikit. Jangan sampai ketika mesin dihidupkan, komponen di kepala silinder dalam kondisi minim pelumasan.

Ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan supaya motor tetap aman ketika sudah lama tak dinyalakan atau digunakan.Hal pertama harus dilakukan sebelum menghidupkan mesin motor yang lama tak dinyalakan adalah mengengkol sebanyak 15 kali, supaya olinya bersirkulasi.Setelahnya, coba nyalakan mesin sepeda motor dengan bantuan choke. Ini untuk motor yang masih memakai choke. Kalau tidak ada choke, nyalakan mesin dengan memakai engkol.

Komponen lain yang harus diperiksa sebelum motor dinyalakan adalah aki. Kalau aki soak karena dibiarkan terlalu lama tidak dipakai, maka pengisian listrik menjadi sia-sia. Hasilnya, mesin mungkin saja tidak bekerja dengan normal. Nah jika sudah melakukan hal-hal di atas namun ternyata motor trail tetap sulit untuk dinyalakan, itu tandanya Anda harus berkunjung ke montir kepercayaan Anda. Untungnya, bengkel saat ini sudah diijinkan untuk beroperasi kembali. Jangan lupa untuk tetap jaga kebersihan dan jaga jarak ya, demi kepentingan kita bersama.

comments

`