caption trialgame

Tips Redam Suara Knalpot Free Flow

Wednesday, 19 June 2019

   Penggunaan knalpot free flow pada motor trail merupakan satu di antara cara untuk meningkatkan tenaga motor selain mengoprek mesin. Hanya, efek yang ditimbulkannya membuat orang lain tidak nyaman.Pasalnya suara yang dihasilkan knalpot itu menggelegar dan memekakkan telinga. Bahkan, sejatinya pemerintah telah melarang penggunaan knalpot jenis itu.

   Melalui Pasal 58 Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009, pemerintah melarang penggunaan perlengkapan kendaraan – khususnya sepeda motor- yang mengganggu dan membahayakan keselamatan pengguna jalan lainnya. Perlengkapan yang dimaksud, tentu juga termasuk knalpot. Jika motor trail Anda hanya digunakan untuk lomba atau lintas alam saja tentu hal ini tidak terlalu berpengaruh. Tapi bagaimana jika Anda menggunakan motor trail dual sport untuk aktivitas harian? Dan apakah ada cara untuk menggunakan knalpot free flow tadi pada motor trail dual sport?

   Tenang, jangan khawatir. Ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk mengurangi suar berisik yang keluar dari knalpot free flow. Kami akan menjelaskannya agar Anda terhindar dari sumpah serapah dan makian dari tetangga ketika membawa motor trail Anda melintasi rumah mereka.

   Langkah pertama adalah menghilangkan sekat saringan di dalam silencer atau biasa disebut membobok silencer dengan membelah bagian tersebut. Tujuannya agar aliran gas sisa hasil pembakaran bahan bakar.Namun, satu hal yang perlu diingat silencer yang dibelah dan sekatnya diambil harus dikembalikan seperti kondisi semula dengan cermat.

   Setelah membuang sekat-sekat di dalam silencer, langkah selanjutnya adalah mengganti leher knalpot dengan pipa leher yang berdiameter lebih besar. Oh iya pipanya juga terbagi menjadi dua jenis ya. Pipa leher jenis pertama yaitu yang berada dan terhubung dengan blok mesin dipilih pipa dengan diameter yang lebih besar dibanding leher standar bawaan dari pabrik.

   Pipa jenis kedua adalah yang terhubung dengan silencer digunakan pipa yang lebih besar ketimbang pipa yang tersambung ke mesinLangkah selanjutnya adalah membuat tutup di bagian moncong knalpot. Namun, yang perlu diingat tutup tersebut tidak tertutup rapat tetapi masih menyisakan lubang di bagian tengahnya.

   Umumnya para modifikator knalpot membuat tutup tersebut dengan berbagai variasi bentuk. Ada yang mirip seperti wajan dan di tengahnya berlubang. Namun, tidak sedikit di antara mereka yang membuat tutup tersebut berupa susunan pipa dengan ukuran diameter yang berbeda.Berkat ubahan tersebut, suara yang keluar dari knalpot free flow itu tidak menggelegar bak petir yang memekakkan telinga tetapi lebih ngebas. Memang sedikit lebih keras ketimbang knalpot standar namun, suara knalpot yang sudah dimodifikasi ini lebih halus, sehingga tidak mengganggu lingkungan sekitar Anda lho.

comments

`