caption trialgame

Tips Trabasan Asik Pakai Motor Trail Injeksi

Thursday, 8 October 2020

Tips Trabasan Asik Pakai Motor Trail Injeksi


Peredaran motor trail injeksi semakin marak di Indonesia, beberapa pabrikan besar bahkan sudah memasarkan secara massal motor trail jenis ini di tanah air. Kendati demikian popularitas motor trail karburator memang masih sulit untuk digeser dalam waktu dekat.

Tapi tahukah Anda bahwa trabas menggunakan motor trail injeksi ternyata bisa jadi lebih asik ketimbang dengan menggunakan motor trail berkarburator. Tapi ada beberapa hal yang harus anda ingat ya jika ingin mengajak motor trail injeksi turun di medan offroad.

Yang pertama adalah bahan bakar. Hal penting saat trabas atau adventure pakai motor trail injeksi adalah bahan bakar.Apalagi bensin yang tersedia lintasan trabas enggak selalu sebagus yang tersedia di kota-kota besar.Makanya sebelum trabas pakai motor trail injeksi pastikan bensinnya cukup.

Kalau terpaksa isi bensin eceran pastikan wadah penampung bensinnya bersih.Takutnya kotoran yang mengendap di wadah penyimpanan bensin malah ikut masuk ke tangki motor. Jika hal ini terjadi bisa bisa malah menyumbat fuel pump atau injector.

Biasanya dalam motor injeksi terdapat sensor panas mesin (EOT/ECT), sensor tekanan udara (MAP), sensor suhu udara (IAT), sensor posisi bukaan gas (TPS), sensor oksigen (O2 Sensor), dan sensor putaran Crank Shaft.Namun, tiap motor memiliki jumlah yang berbeda sesuai kebutuhan.Biasanya beberapa motor trail punya saringan bensin di bibir tangkinya.

Ada yang mengatakan bahwa motor trail injeksi kurang bisa diandalkan untuk menembus sungai . memang ada beberapa yang demikian tapi rilisan terbaru biasanya sambungan atau soketnya sudah ada o-ring dan sudah dilapisi sealant supaya tidak menyebabkan korslet saat terkena. Bahkan untuk ECU-nya pun selain dilapisi sealant, ada cover karetnya lagi biar tidak konslet saat kena air.

Nah yang paling asik adalah trabasan pakai motor trail injeksi biasanya bebas banjir bensin. Hal ini sering ditemui di motor trail yang masih pakai karburator.Kalau motor terbalik atau jatuh, bensin tidak akan banjir kayak motor karburator. Kalau bensin banjir motor susah dihidupkan.

Oh iya motor trail injeksi juga memiliki ritual perawatan pasca trabasan yang tidak ribet. Anda hanya perlu mengganti oli dan memeriksa sensor-sensornya dengan menggunakan diagnostic tools serta periksa bearing roda.

comments

`