caption trialgame

Tips Ubah Motor Dual Sport Jadi Gahar!

Tuesday, 26 January 2021

Tips Ubah Motor Dual Sport Jadi Gahar!


Motor trail yang banyak beredar di Indonesia saat ini sebagian besar berjenis dual sport, karena memang selain untuk trabasan, banyak yang ingin menggunakan motor jenis ini untuk kegiatan sehari-hati. Berbicara trabasan bisa saja membawa motor dual purpose untuk berpetualang namun perlu diingat bahwa motor ini bukan murni penggaruk tanah.  Sehingga perlu penyesuaian lagi supaya geraknya optimal, kala merangkak di medan offroad. Nah melalui artikel ini kami akan mencoba memberikan tips sederhana agar dual sport siap trabasan.  

Modifikasi pertama yang bisa dilakukan, mengganti stang.  Hampir semua handlebar motor trail dual sport terlalu terlalu rendah dan kurang lebar. Ada baiknya mengganti model fatbar atau cross bar merk aftermarket. Dan jangan lupa, pasang raiser supaya posisi duduk tegak dan nyaman.Jangan lupa juga untuk mengganti tuas rem dan kopling ya. Ini sederhana namun krusial. Tuas bawaan pabrik biasanya terlalu ringkih dan mudah bengkok jika terbentur keras, terutama waktu roboh ke samping.

Kalau sudah, sekalian dengan tuas transmisi di kaki. Percayalah, Anda bakal sering membentur dinding tanah, apalagi jika pemula. Risiko terjatuh pun besar. Jadi siapkan saja model tuas yang bisa melipat. Daripada patah dan tak bisa memindahkan posisi gear. Kombinasikan pula dengan footstep runcing, supaya grip kaki makin bagus.

Setelah itu jangan lupa untuk mengganti ban ya karena tapak ban bawaan pabrik tak bakal optimal memberi traksi di tanah, apalagi lumpur. Karena itu, wajib menukar dengan model pacul murni yang jarak kembangnya berjauhan.  Pelek tak wajib diganti tapi biasanya banyak yang menaikan diameter bang menjadi 21-18.

Oh iya jika motor trail dual sport Anda masih menggunakan suspensi teleskopik pada bagian depannya, rasanya tidak perlu mengganti dengan suspensi sistem upside down, kecuali jika Anda memutuskan untuk terjun di ajang balapan, karena suspensi jenis ini perlu untuk melakukan lompatan ekstrim. Sementara untk per suspensi bagian belakang, bawaan pabrik rasanya masih mumpuni kok. Benarnya masih ada beberapa perubahan yang bisa Anda lakukan, pada bagian penggerak seperti mesin dan asesoris tambahan lainnya, namun bahasan itu akan kami simpan untuk artikel berikutnya ya.

comments

`